sekali lagi, Arkeologi meneguhkan kebenaran Injil !!!

Februari 13, 2010 at 11:31 am (Pembuktian, ketika ALKITAB DIPERTANYAKAN) (, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , )

APAKAH ARKEOLOGI MENEGUHKAN PERJANJIAN BARU ?

Setelah masa hakim-hakim, bukti arkeologis menjadi semakin jelas bahwa para penulis Alkitab tahu apa yang mereka bicarakan. Pada saat kita mencapai masa Perjanjian Baru, bukti untuk reabilitas historisnya makin berlimpah. Bukti ini akan diringkas dalam tiga bagian : keakuratan historis Lukas, kesaksian ahli sejarah sekuler, dan bukti fisik yang berkaitan dengan penyaliban Kristus.

KEAKURATAN HISTORIS LUKAS

Sebelumnya orang berfikir bahwa Lukas mengarang ceritanya dari khayalannya yang melantur, karena ia memberikan gelar yang aneh kepada penguasa dan menyebutkan gubernur yang tidak dikenal seorangpun. Bukti sekarang menunjukkan arah sebaliknya.

Sensus dalan Lukas 2:1-5

Beberapa problem terlibat dalam pernyataan bahwa Agustus melakukan sensus di  kekaisaran selama pemerintahan  Kirenius dan Herodes. Tidak ada catatan tentang sensus semacam itu, tetapi sekarang kita tahu bahwa sensus regular dilakukan di Mesir, Gaul dan Kirene. Kemungkinan besar yang dimaksudkan Lukas adalah sensus itu dilakukan diseluruh kekaisaran  pada waktu yang berbeda dan Agustinuslah yang memulai prosesnya. Bentuk present tense yang digunakan  oleh Lukas menunjukkan dengan kuat pemahaman bahwa ini merupakan peristiwa yang berulang-ulang. Sekarang Kirenius memang melakukan sensus, tetapi itu dilakukan pada tahun 6 M, terlalu terlambat untuk kelahiran Yesus, dan Herodes sudah mati sebelum Kirenius menjadi Gubernur. Apakah Lukas bingung ? Tidak ! Sesungguhnya ia menyebutkan sensus Kirenius yang lebih baru dalam Kisah 5:37. Besar kemungkinannya bahwa Lukas membedakan sensus pada zman Herodes dengan sensus Kirenius yang lebih dikenal. Ada beberapa kesejajaran Perjanjian Baru untuk terjemahan ini.

Galio, prokonsul (Gubernur Romawi) Akhaya

Sebutan dalam Kisah 18:12-17 dipandang tidak mungkin. Tetapi prasasti di Delphi mencatat gelar yang persis sama untuk orang ini, dan menanggali dia pada masa Paulus berada di Korintus (51 M).

Lisanias, raja wilayah Abilene

Orang ini tidak dikenal oleh ahli sejarah modern sampai ditemukan prasasti yang mencatat pentahbisan Bait Allah yang menyebutkan nama, gelar dan berada di tempat yang tepat. Prasasti ini tertanggal antara 14 dan 29 M, yang sejajar dengan permulaan pelayanan Yohanes, yang digambarkan Lukas sebagai pemerintahan Lisanias (Luk. 3:1).

Erastus

Dalam Kisah. 19:22 Erastus disebut orang Korintus yang  menjadi kawan sekerja Paulus. Jika Lukas akan membuat nama khayalan, ini akan menjadi tempat terbaik untuk melakukan itu. Bagaiman mungkin orang tahu ? Nah, saat penggalian di Korintus, ditemukan prasasti di dekat gedung theater yang berbunyi, “Erastus sebagai ganti atas kedudukannya memasang trotoar dengan biaya yang  ia bayar sendiri.” Jika Erastus yang dimaksud adalah orang yang sama, hal ini menjelaskan mengapa Lukas memasukkan perincian warga Negara Korintus yang terkenal dan kaya telah bertobat dan memberikan hidupnya untuk pelayanan.

Selain itu Lukas memberikan gelar yang tepat untuk pejabat berikut : Tesalonika – “politark (Pejabat tinggi”, Efesus – “pengawas Bait Allah”, Siprus – “prokonsul (gubernur Romawi)”, Malta – “orang pertama di pulau itu”. Masing-masing ucapan itu telah diteguhkan melalui pengunaan di Roma. Secara keseluruhan, Lukas menyebut 32 negara, 54 kota dan 9 pulau tanpa membuat satu pun kesalahan. Hal ini membuat ahli sejarah terkenal Sir Willian Ramsay mengakui kesalahan pandangannya yang kritis. :

Saya mulai dengan pikiran yang tidak setuju  dengannya [Kisah Para Rasul], sebab kecerdikan dan kelengkapan teori Tubingen yang nyata sebelumnya sangat meyakinkan saya. Jadi tidak pernah terpikir dalam jalan hidup saya untuk menyelidiki topic ini dengan teliti; tetapi baru-baru ini saya menemukan diri saya sendiri sering berhubungan dengan Kitab Kisah Para Rasul sebagai otoritas untuk topografi, benda-benda antic, dan masyarakat di Asia kecil. Secara bertahap muncul keyakinan dalam diri saya bahwa dalam berbagai detil cerita menunjukkan kebenaran yang luar biasa.15

Dengan persetujuan sepenuhnya, A. N. Sherwin-White mengatakan, “Untuk Kisah Para Rasul peneguhan secara hitoris sangat melimpah….

Salah satu sebutan menarik tentang Kristus dalam sejarah berasal dari Satiris Roma bernama Lucian. Kata-katanya bergema bersama sarkasme Mark Russell atau Johnny Carson.

“Orang-orang Kristen, Anda tahu, menyembah manusia sampai hari ini – pribadi berbeda yang memperkenalkan ritus baru kepada mereka dan disalibkan karena masalah itu….Anda lihat, mahluk yang tersesat ini memulai dengan keyakinan umum bahwa mereka kekal untuk selama-lamanya, yang menjelaskan kejijikan terhadap kematian dan kesetiaan pada diri sendiri secara sukarela yang begitu umum diantara mereka; dan kemudian hal ini ditekankan pada mereka oleh pemberi hukum mereka yang asli bahwa mereka semua bersaudara, sejak saat mereka bertobat dan menyangkal dewa-dewa Yunani, dan menyembah guru mereka yang disalibkan, dan hidup sesuai dengan hokum-hukumnya. Semua ini mereka lakukan sesuai dengan iman, dengan akibat mereka memandang rendah semua benda-benda duniawi, dan memandangnya sebagai milik bersama.”[The Death of Peregrine, 11-13, dalam The Works of Lucian of Samatosa, terj. Oleh H.W. Fowler dan F. G. Fowler, 4 jilid. (Oxford: Claredon Press, 1949).]

Setiap usaha untuk menolak dasar historisnya sekarang tampak tidak masuk akal. Ahli sejarah Roma telah lama menerimanya dengan penuh keyakinan. “16 Untuk teori-teori kritis yang mulai muncul pada awal 1800-an dan masih tetap bertahan sampai hari ini, mereka ditinggalkan tanpa dukunngan. Ahli arkeologi terenal William F. Albright mengatakan, “Semua sekolah radikal dalam kritisme Perjanjian Baru yang telah muncul pada masa lalu atau yang masih ada, saat ini bersifat prasejarah, dan karena itu, karena mereka didirikan di der Luft [di udara], sudah menjadi barang antik hari ini.”17

PENEGUHAN OLEH AHLI SEJARAH SEKULER

Salah satu kesalapahaman popular tentang Yesus adalah tidak ada penyebutan tentang Dia dalam sumber-sumber kuno di luar Alkitab. Sebaliknya, ada banyak referensi tentang Dia sebagai tokoh sejarah yang mati di tangan Pontius Pilatus. Beberapa bahkan mencatat Dia dilaporkan telah bangkit dari antara orang mati, dan disembah sebagai Allah oleh semua orang yang mengikuti Dia. Gary Habermas, dalam buku Ancient Evidence for the Life of Jesus (Nashville: Thomas Nelson, 1984), membahas semua ini. Di sini ada beberapa referensi.

Taticus

Sebagai ahli sejarah Roma yang hidup tahun 55-120 M, Tacitus membuat paling sedikit tiga referensi tentang Kristus. Dalam referensi pertama, ia menjelaskan bagaimana Nero menyalahkan orang-orang Kristen atas api yang membakar Roma.

“Akibatnya untuk melepaskan diri dari tuduhan itu, Nero segera melakukan penyiksaan yang paling hebat atas kelompok-kelompok yang sangat dibencinya, yang disebut orang Kristen oleh orang banyak. Kristus, yang darinya kelompok itu mendapatkan namanya, menderita hukuman berat selama pemerintahan Tiberius di tangan salah satu prokurator (gelar gubernur), Pontius Pilatus, dan takhyul yang paling jahat, kemudian diperiksa untuk saat itu, sekali lagi pecah bukan hanya di Yudea, sumber pertama kejahatan itu, melainkan juga di Roma, di mana semua hal yang mengerikan dan memalukan dari setiap bagian dunia menemukan pusatnya dan menjadi popular. Akibatnya, penangkapan pertama dilakukan atas semua yang dipandang berasalah; kemudian, atas informasi mereka, sangat banyak orang dihukum, bukan karena kejahatan membakar kota, melainkan karena kebencian terhadap manusia. Berbagai macam ejekan ditambahkan pada kematian mereka. Dengan ditutupi kulit-kulit binatang, mereka dimasukkan ke dalam kobaran api dan dibakar, dan berfungsi sebagai penerangan malam, ketika cahaya siang sudah hilang.”18

Perhatikan bahwa perincian dasar tentang kematian Yesus didukung. “Khayalan jahat” yang ia rujuk mungkin adalah bahwa Yesus akan bangkit dari antara orang mati.

Suetonius

Sekretaris utama Kaisar Hadrian (117-138 M) Juga mengatakan, “Setelah kebakaran besar di Roma….hukuman yang lebih kecil juga dikenakan pada orang-orang Kristen, sekte yang mengakui kepercayaan keagamaan baru yang jahat.”19 Ia juga mencatat bahwa Claudius mengusir orang Yahudi dari Roma pada tahun 49 M karena memberontak “pada saat penyelidikan Kristus”.20 Hal ini menjelaskan mengapa Akwila dan Priskila, yang bertemu Paulus di Korintus (Kis. 18:2), harus meninggalkan rumah mereka di Italia.

Josephus

Ini adalah ahli sejarah Yahudi yang berkerja untuk orang Romawi pada abad pertama. Dalam perikop yang diperdebatkan, ia memberikan penjelasan tentang Yesus.

“Pada saat ini ada seorang bijak yang diesebut Yesus. Dan kelakuannya baik dan [ia] dikenal sebagai orang yang benar. Dan banyak dari antara orang  Yahudi dan bangsa lain menjadi murid-murid-Nya. Pilatus menghukum-Nya dengan cara menyalibkan-Nya sampai mati. Dan orang-orang yang telah menjadi murid-murid-Nya tidak meninggalkan pemuridan-Nya. Mereka melaporkan bahwa Dia tidak bersama mereka selama 3 hari setelah penyaliban-Nya dan bahwa Ia hidup; dengan demikian, Ia mungkin adalah Mesias yang dikatakan nabi-nabi akan melakukan hal-hal ajaib.”21

Ini jangan dianggap menunjukkan bahwa Josephus mempercayai hal ini, tetapi bahwa  ia maupun orang-orang yang sezaman dengan rasul-rasul tidak pernah mencoba menyangkal bahwa kebangkitan itu penting. Jika kubur tetap termaterai atau tubuh-Nya telah ditemukan, tampaknya mereka pasti akan menyebutkan hal itu. Namun sebaliknya. Mereka menyodorkan hal itu sebagai kepercayaan Kristen tanpa komentar.

Kitab Talmud

Komentar rabi tentang Taurat membuat catatan yang menarik tentang Yesus :

“Pada malam Paskah Yeshua disalibkan. Selama 40 hari sebelum eksekusi berlangsung, berita beredar dan berseru. “Ia akan dirajam batu karena mempraktikkan sihir dan membujuk orang Israel untuk murtad. Siapapun yang bisa mengatakan sesuatu untuk mendukung-Nya, biarlah ia maju dan membela perkara-Nya.”  Tetapi karena tidak ada upaya untuk membela-Nya, Dia disalibkan pada malam Paskah.”22

Beberapa informasi ini mungkin mengejutkan kita. Pengiriman berita ini tidak disebutkan dalam Perjanjian Baru, tetapi hal itu tidak mengejutkan berdasarkan ancaman yang dilakukan atas hidup Yesus. Selain itu, ada referensi tidak langsung tentang itu dalam Yohanes 11:8 dan 16, sebagai penjelasan mengapa Tomas begitu yakin bahwa pergi ke Betania (hanya sedikit keluar Yerusalem) akan berarti kematian yang pasti. Perhatikan bahwa perikop itu mengatakan bahwa Ia akan dirajam batu, yang merupakan  hukuman yang ditentukan bagi ahli sihir dan nabi-nabi palsu, namun ia mengakui bahwa ia disalibkan (“digantung” sinonim dengan penyaliban dalam Lukas 23:39 dan Gal. 3:13). Karena orang Yahudi dilarang melakukan hukuman mati, kematian-Nya pasti terjadi di tangan orang Romawi, dan cara hukuman-Nya adalah salib. Tetapi mengapa Yesus diizinkan bebas di Yerusalem selama satu minggu sebelum penangkapan-Nya? Mungkin itu terjadi karena masa 40 hari dari maklumat itu belum berakhir, atau kemungkinan lainnya adalah karena mereka merasa ragu-ragu melihat popularitas-Nya (ingat bagaimana Ia masuk kota pada hari Minggu Palem?). perbedaan ini hanya berfungsi untuk menerangi kebenaran kisah Injil.

Alat Penyaliban

Arkeologi telah memberitahu kita alat-alat yang digunakan dalam penyaliban.

Salib : beberapa jenis salib digunakan oleh orang Romawi, yang bervariasi dalam tinggi dan bentuknya, tetapi jenis salib yang paling umum pada masa Yesus tampak seperti huruf “T”. Bagian atasnya hanya sekitar 1,8-2,4 meter dari tanah dan ditemukan baik dengan atau tanpa tempat dudukan. Orang yang dihukum biasanya membawa kayu lintangnya, bukan bagian tegak lurusnya, kelokasi penyaliban. Potongan ini beratnya antara 75-125 pon. Tulisan, dengan nama dan kejahatan korban, bisa dipakukan di atas kayu lintangnya.

Paku: paku persegi yang panjangnya 12,5-17,5 cm dan lebarnya 9,3 mm sudah umum, meskipun beberapa korban sekadar diikat pada kayu lintang dengan tali. Paku ini bisa ditusukkan diantara tulang-tulang lengan bawah dan kaki.

Krusifragium: Tampak seperti palu daging modern, meskipun lebih besar dan lebih berat. Palu ini dirancang untuk memecahkan kaki orang dengan satu kali pukulan. Hal ini dilakukan untuk mencegah korban menggunakan kakinya untuk mengangkat dirinya densiri, sehingga mempercepat kematian karena rongga dada mengerut.

Penyiksaan

Ahli sejarah dan arkeologi Romawi telah menyingkapkan banyak hal tentang praktik penyiksaan. Alat yang digunakan oleh orang Romawi adalah flagrum – cambuk bercabang tiga dengan potongan-pototngan tulang atau timah pada bagian ujungnya. Ketika digunakan, ini akan merobek segala sesuatu: kulit, otot, saraf bahkan memecahkan tulang. Korban diikat pada togak tegak lurus atau dibungkukkan pada tiang tempat pemukul. Kadang-kadang ada dua penyiksa yang berdiri di kanan dan kiri yang bergantian mencambuk, bukan hanya di bagian punggung, melainkan mengayunkan ke depan ke bagian dada dan di sekitar kaki. Tidak diketahui apakah orang Romawi apakah orang Romawi mengakomodasi batasan orang Yahudi sampai 39 kali cambukan atau tidak. Prajurit Romawi sering kali mengejek korban mereka setelah mencambuk, sehingga kita bisa mengharapkan korban akan mengalami luka-luka di wajah, bengkak, hidung patah, dan bagian janggut yang tercabut.

Pengambilan contoh sumber-sumber historis ini menunjukkan persetujuan yang tersebar luas tentang detail dasar kehidupan Yesus, kematian-Nya dan penyebabnya, dengan beberapa pertimbangan yang diberikan untuk kepercayaan bahwa Ia bangkit dari anatara orang mati.

BUKTI BERKAITAN DENGAN KEMATIAN YESUS

Ada dua penemuan memukau  yang menguatkan kematian Kristus dan sejauh tertentu, kebangkitan-Nya. Pertama adalah maklumat yang tidak biasa; kedua adalah tubuh korban penyaliban lainnya.

Maklumat Nazaret

Lempengan batu ini ditemukan di Nazaret pada tahun 1878. Itu merupakan batu maklumat yang dikeluarkan oleh kaisar Klaudius (tahun 41-54 M) bahwa kuburan tidak boleh diganggu dan mayat di dalamnya tidak boleh digali atau dipindahkan. Jenis maklumat ini biasa, tetapi fakta yang mengejutkan bahwa di sini “pelanggar [akan] dijatuhi hukuman mati atas tuduhan pelanggaran kubur”. Pengumuman lainnya memperingatkan adanya denda, tetapi ancaman hukuman mati karena mengganggu kuburan ? Penjelasan yang mungkin adalah Klaudius, setelah mendengar dokrin Kebangkitan Kristen saat menyelidiki keributan pada Tahun 49 M memutuskan untuk tidak membiarkan laporan semacam itu muncuk ke permukaan lagi. Hal ini tentu saja masuk akal dari sudut argumen Yahudi bahwa mayat-Nya telah dicuri (Mat. 28:11-13). Ini adalah kesaksian awal yang kuat dan tetap bahwa Yesus bangkit dari antara orang mati.

Yohanan – korban penyaliban

Pada tahun 1968, lokasi kuburan kuno ditemukan di Yerusalem yang memuat kurang lebih 35 mayat. Dipastikan bahwa sebagian besar mengalami penyiksaan yang kejam sebelum mati saat pemberontakan orang-orang Yahudi melawn Romawi pada pada tahun 70 M. Salah satu darinya adalah laki-laki yang bernama Yohanan Ben Ha’galgol. Ia berumur antara 27-28 tahun, langit-langit mulutnya terbelah, dan paku sepanjang 17,5 cm masih tertancap diantara kakinya. Kakinya diputar keluar sehingga paku persegi itu bisa dipakukan melalui kedua kaki pada bagian sisi tumit (tetap pada bagian otot Archilles). Hal ini akan membengkokkan kakinya keluar sehingga tidak bisa digunakan untuk menopang tubuhnya di kayu salib. Pakunya menembus penampang kayu akasia, kemudian melalui tumitnya, kemudian ke dalam penampang kayu zaitun. Juga ada bukti paku yang sama telah ditusukkan di antara dua tulang pda masing-masing lengan bawahnya. Ini membuat tulang bagian atasnya halus rata karena korban berulang-ulang mengangkat dan menurunkan tubuhnya untuk bernafas (bernafas menjadi sulit dengan lengan dinaikkan). Korban penyaliban harus mengangkat tubuhnya sendiri untuk mengangkat otot dada, dan ketika mereka menjadi lemah dan tidak mampu melakukan, mereka mati karena kekurangan nafas. Kaki Yohanan diremukkan melalui pukulan, sesuai dengan penggunaan Krusifragium Romawi secara umum (Yoh. 19:31-32). Masing-masing perincian ini meneguhkan penjelasan Perjanjian Baru tentang penyaliban.

Sekalipun menghadapi tantangan, arkeologi telah meneguhkan kebenaran Alkitab. Buktinya sangat jelas dan imbalan untuk memahami dan mendapat keyakinan yang dihasilkannya sesuai dengan harganya.

Dikutip dari buku : Ketika ALKITAB DIPERTANYAKAN

Oleh : Norman Geisler & Ron Brooks

About these ads

51 Komentar

  1. Robinson A. Sihotang said,

    @ Penuai

    Sangat akurat dan sangat teruji.
    .
    Segala puji bagi Allah Tuhan di tempat yg Maha Tinggi

    • penuai said,

      Terpujilah Tuhan Yesus Kristus, Allah yang Esa.

      • zhou han said,

        mas gmn dng injil yohanes…

        koq isinya pda bertentangan sh….

        Yesus mengaku bahwa di datang tidak untuk merombak Taurat Musa dan Kitab Nabi-Nabi terdahulu, Yesus mengikuti taurat (Matius 5:17-19 ) dengan demikian semua isi taurat benar.

        Apapun isi Injil Yohanes yang berbeda dengan Taurat / PL dianggap palsu. Setuju?

        Tidak seorang pun pernah melihat Allah, tetapi Anak Tunggal Allah yang ada di bangkuan bapa, dialah yang menyatakannya (yohanes 1:18)

        Mari di cek ke Taurat / PL apakah benar tidak ada yang pernah melihat Allah dan apakah benar Yesus adalah Anak tunggal Allah.

        +++

        Siapa saja yang pernah melihat Allah

        Kemudian Tuhan menampakan diri kepada Ibrahim dekat pohon terbatin di Mamre waktu hari panas terik (kejadian 18:1).

        Banyak ayat Taurat / PL yang menyebutkan orang-orang yang pernah melihat tuhan antara lain:

        1. Ishak (Kejadian 26:2),
        2. Yakub (Kejadian 35:9),
        3. Musa, Harun, Nadab, Abihu dan tujuh puluh orang Israel (Keluaran 24:9)

        Musa berhadapan muka dengan tuhan (ulangan 34:10)

        Nama yakub tidak disebut lagi sebab yakub berkelahi melawan Allah dan manusia dan yakub lah pemenangnya. Yakub berkata aku telah melihat Allah berhadapan muka (kejadian 32: 28-31)

        +++

        Yesus bukan Anak Tunggal Allah.

        1. Allah mempunyai banyak anak yang mengambil anak-anak perempuan manusia sebagai istri (kejadian 6:2-4),
        2. Israel Anak Allah yang sulung (Keluaran 4:22-23),
        3. Daud diangkat sebagai Anak Sulung Allah (Mazmur 89:27-28),
        4. Adam Anak Allah (Lukas 3:38),
        5. Efraim Anak sulung Allah (Yeremia 31:9)
        6. Uskup Belo (Pembawa Perdamaian) adalah Anak Allah (Matius 5:9).

        Kalau menurut Anda ” wah Anak Allah diatas kan diartikan hamba yang patuh taat”, maka konsekuensinya Yesus anak Allah pun harus diartikan sebagai hamba yang taat bukan Anak Allah secara harafiah dalam unsur Tuhan Anak.

        Disinilah kerancuan terjadi kan?

        Yang mengherankan Saya adalah kenapa umat Kristen tidak menyembah Yakub yang berhasil mengalahkan Allah?

        Mungkin banyak yang baru baca mengetahui ayat diatas ya?

        jadi dengan demikian injil yohanes berdusta, tidak diliputi roh kudus…benar?

        Kalau ada ayat Injil Yohanes yang palsu tentunya konsep trinitas dalam Injil Yohanes Paragraf 1 tentang firman adalah diragukan alias palsu bukan?

        Logikanya kan begitu.

        terus…
        Apakah yang dimaksud umat Kristen dengan Trinitas?tiga Tuhan kah? Ah,tidak!!! Barang kali arti yang paling menyenagkan bagi umat Kristen adalah tiga dalam satu.

        Trinitas ini pertama kali berasal dari India kali yach, yaitu agama Hindu yang mengenal tiga Tuhan: Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Kemudian Mesir: Osiris / Isis / Horus. Kemudian Persia: Ormuzd / Ahriman / Mithra. Sedangkan filsafat Neoplatonis mengajarkan Trinitas: Ulimate Reality (Kenyataan asal, Tuhan ) – Intelligent ( Akal, ilmu, logos) – World Soul ( Roh ). Dan yang terakhir inilah, cikal bakal lahirnya Trinitas dalam agama Kristen.

        Karena ilmu filsafat dan kepandaian yang mereka miliki, orang-orang Yunani menganggap ilmu mereka dapat disetarakan dengan Tuhan. Seperti terdapat dalam Injil Yohannes 1:1

        “ Pada mulanya adalah Firman ( Logos, ilmu akal ), dan Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

        Maka dari Trinitas Platonis tersebut dapat diambil kesimpulan sbb:

        1. Ultimate Reality ( kenyataan asal ), dianggap sebagai permulaan kebenaran yaitu Tuhan.

        2. Intelligent ( akal ilmu Logos ), dianggap sebagai penjelmaan kebenaran tersebut (Yesus).

        3. World Soul ( roh ), dianggap sebagai cara kebenaran tersebut masuk ke dalam otak manusia, melalui roh bukan jasad (roh kudus).

        Jadi, bagi orang Kristen, Firman disebutkan sebagai Yesus (Allah anak) yang disamakan dengan Tuhan (Allah Bapa).

        Bila Allah Bapa tidak berbeda dengan Allah anak, maka Allah anak tidak dapat disebut diperanakkan oleh Bapa. Mengapa?? Karena Allah Bapa dan Allah anak itu sama-sama tidak bermulaan, tiada yang lebih dahulu dan ttiada yang terkemudian wujudnya.

        Jadi inilah asal muasal Trinitas Kristen, yang tak masuk akal. Dan ayat Trinitas pun hanya ada dua dalam Alkitab yaitu:

        1. Injil Matius 28:19

        “Karena itu pergilah, jadikanlah bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan anak Roh Kudus”.

        Pada ayat ini tidak ada pernyataan bahwa Bapa, anak dan Roh Kudus adalah satu, yang ada hanya perintah membaptis dalm nama Bapa, anak dan Roh Kudus.

        Lagipula, ayat ini tidak asli, karena jjika kita membaca Matius 28 seluruhnnya, kita akan menadapati bahwa akhir Injil Matius adalah pasal 28 ayat 15 yang memiliki kata-kata yang sama seperi akhir sebuah bacaan.

        “Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera itu tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini”. (Mat 28:15)

        2. Surat 1 Yohannes 5:7-8

        “Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di sorga: Bapa, Firman, dan Roh Kudus dan ketiganya adalah satu. Dan tiga yang meberi kesaksian di bumi] : Roh, air dan darah dan ketiganya adalah satu”.

        Kalimat yang berada dalam tanda kurung pada ayat ini tidak asli, jika asli mengapa harus diberi kurung??

        Ketidakaslian ayat ini juga diungkapkan oleh:

        a. Lembaga Biblika Indonesia (LBI).

        “Bagian antara kurung itu pasti tidak asli” (Lembaga Biblika Indonesia, Kitab suci Perjanjian Baru Th 1977/1978, hal. 551).

        b. Drs. M. E. Duyverman

        “Menurut salinan tertua, jalan kalimat adalah begini: Karena tiga menjadi saksi yaitu roh, air dan darah…….” (Pembimbing ke dalam Perjanjian Baru, BPK, Jakarta 1966 hal. 145).

        c. Alkitab New International Version:

        “Manuskrip yang apling tua dari naskah Vulgata [ di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus dan ketiganya adalah satu. Dan ada tiga yang memberikan kesaksian di bumi ]. Tidak ditemukan sebelum abad ke-16”. (Zondervan Publishing House. The Holy Bible New International Version. Michigan 1994, hal 1242).

        Jadi, telah terbukti sekarang bahwa Trinitas adlah doktrin yang dibuat-buat yang tidak memiliki nilai kebenaran sama sekali.

  2. iq.. said,

    tanya donk. kuburan isa tu dimana? tau ga?

    • penuai said,

      Ohhh yaa……Klo gitu saya mo nanya….Kuburan Isa tu dimana bro..??
      Thanx sudah berkunjung. :)

  3. MARSEL said,

    Tak ada seorang penghayal yang mampu menghubungkan antara hayalan dengan fakta begitu sempurna. Jadi Lukas bukan seorang penghayal. Lukas melihat kebenaran menurut fakta yang dialami dan penelusuran sejarah lampau. Bila ada bagian yang seolah terputus itu mungkin suatu ketidak lengkapan dalam mengumpulkan kembali tulisan lukas dan hasil analisis orang perorang yang kurang mendalam.

    • penuai said,

      Betul sekali bro Marsel, yang pasti Arkeologi telah membuktikan kebenarannya.
      GBU

  4. dellaanna said,

    kupasan yang sangat mendalam, sepertinya anda sangat menguasai sekali. sangat menarik utk membaca dan mengetahuinya. teruskan menulis teman !. kasih Tuhan menyertai mu, amin.

    • penuai said,

      Terimakasih…semoga bermanfaat :)
      GBU

  5. Red said,

    dinosaurus ada di injil sob?

    • penuai said,

      Hmmmm…saya juga pernah membaca penjelasan mengenai dinosaurus dilihat dari sisi Injil. Karena biasanya para ahli arkeologi menggunakan data-data di Injil juga sebagai salah satu sumber informasi sejarah.
      Tapi untuk di blog ini, saya tidak fokus masalah seperti itu.
      Thanx n GBU

  6. culun said,

    kuburan ISA dmn neh… jd pengen tau…. ………………………

  7. DAVID said,

    diberkatilah anda oleh Tuhan Yesus karena anda bisa membangkitkan kembali iman dr saudara kita yg mungkin sedang meragukan kebenaran ini.terimakasih GBU

  8. Maulana Mufti said,

    Kuis berhadiah mobil BMW

    Jika injil itu firman Allah, ayo yang ngaku agamanya kristen, jawab pertanyaan ini,

    Pendetanya juga boleh, yang sudah hapal kitab injil, dan nggak mungkin ada yang bisa hapal kitab injil, jangankan satu kitab, satu lembar bolak-balik tanpa salah saja nggak bisa,…. ayo… dapatkan hadiahnya….. baca disini: http://www.scribd.com/doc/29210668/Mustahil-Kristen-Bisa-Menjawab

    • penuai said,

      Hehehehee…..Kitab Suci diberikan memang bukan untuk dihapal broo…tapi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lha…aturan darimana itu Kitab Suci harus dihapal ???!!!!, coba tunjukkan…..aturan darimana, pasal berapa ???!!!!..kalau anda bisa tunjukkan peraturannya tak kasih Mobil BMW plusss duitt 28 Milyard…hahahaha…biar bisa saingin Gayussss… :)

      Makasih buat kunjungannya sobat

      GBU

  9. jo said,

    Hahahaha… Masih gini2 aja kreatifnya bro…
    Comment maulana mufti ditanggapin. Tunjukin dong ajaran kreatif manusia yg kalian sembah..
    Coba agan Zhou han Dijawab…
    Hehehe… Yg namanya pedoman (kitab) itu harus dimengerti, dihayati.. Klo sudah hafal di kepala, pelaksanaan sehari2 insy akan jauh lebih baik dan terlaksana.
    Kok pake siapa yg ngajarin.. Hehehe
    Emang sih, klo yg bikin manusia itu pasti ribet yahh,,,
    Ampe satu bait kalimat aja, seluruh dunia nggak ada yg bisa. Ck ck ck,,,
    Ohh,,, dibikin nyanyi ajaa.. Ahahahaha… Atau.., minta yg bikin perjanjian2 itu yg kompak. Yg direvisi terus… Udah kayak RUU ajaa..
    Yah ajaran manusia sihh.. Hehehehe… Peace….

  10. jo said,

    Tolong di klik dan dibaca…
    Cm share ajaa… :)
    http://ukhtipeni.multiply.com/journal/item/11
    Sebuah bukti kebenaran Allah SWT melalui nabi terakhir yg diutusNya.

  11. lidia said,

    thx,mw arkeolognya bnr pa slh,aqu sih tetep percaya ma yesus.kitab bkn untk fi hafal tp dilaksanakan,justru apa yg dr Allah itu yg gak bs di kalahin mnusia,tp klo brdasarskan hsil mufakat mnusia y gmpang ja tu di hafalin.hehehe

    Tuhan telah melantik Rajaku di Sion
    love jesus forever.

    • penuai said,

      Makasih ya Lidia buat kunjungannya. Hmmm…betul juga sichh pendapat Lidia, tapi memang sampai sekarang Arkeologi selalu mendukung pernyataan daam Alkitab. GBU

  12. jo said,

    Hmm… Ya makanya… Baliknya hafal2an..
    Ensensi dr mengerti, menghayati dan menjalankan itu yg benar.. Iya kan?
    Masa klo mau menjalankan kebaikan mesti baca kitab dulu. Umat yg gmn itu..
    Alhamdulillah Al Quran lgsg dr Allah..
    Klo kitab injil? Mmmm…???
    Lha klo kata lidia buatan manusia lbh gampang di inget, pengikut injil mana yg bisa?
    Hehehe… Ajaran jesus aja nggak ada yg ngikutin..
    Buatan pengikut dia malah yg di ikutin. Dgn segala aturan kreatifnya..
    Yah gmn yahh…? Hehee..
    Klo arkeolog, Mmm… Kayaknya ilmu pengetahuan lbh banyak meneguhkan kebenaran dalam Al Quran kan..
    Dan dalam Quran, ayat 1 dan yg lain tidak ada yg bertentangan.
    Alhamdulillah.., lgsg dr Allah. Tuhan Yg Maha esa. Tidak ada yg berani mengutak-atik. Oleh siapapun.
    Apalagi campur tangan seorang manusia.
    Hebatnya lagi, tidak dibutuh peneguhan.
    Tanpa embel2 itupun, Allah SWT sudah menujukan kuasanya. Yg mana sudah ada dan tertulis dalam Al Quran.
    Alhamdulillah Islam bukan pengikut Ajaran buatan Manusia.
    Tapi langsung dr Allah SWT…

  13. Takur said,

    @ Lidia
    ya benar, Tuhannya kamu kan Manusia, Manusia kau anggap Tuhan.
    Tuhanmu telah melantik Rajamu di Sion, Raja syaitan = Dajjal = Iblis yg lagi membantai + menyiksa Hamba2x Tuhan yg Benar (Allah SWT)
    Tunggu sj Kebatilan akan Hancur, Kebenaran pasti Menang???!!!
    Allahu Akbar!!!

    • penuai said,

      Betul, kebenaran pasti menang……..Kita lihat saja Takur.
      GBU

      • Nda said,

        Apapun Yang terjadi Kami Mengasihimu…. Tuhan Memberkati :)

  14. lidia said,

    jo adalah domba yg tersesat, yang mengangkat manusia menjadi pengembalanya.

    Allah yg mengangkat yesus menjadi anaknya,tetapi umat islam mengangkat muhammad manusia menjadi nabinya,tidak ada bukti dari smua kitab yg bisa menunjukan kedatangan muhammad,cuma al-quran kitab umat islam yg ngambil sepotong2 isi kitab2 laen.

    kalian keturunan ismael.
    keturunan pencuri milik pusaka israel.
    kalian smw itulah si pengejek2 yg di ceritakan yesus yg akan tampil.
    Muhammad adalah si nabi palsu itu,serigala yg mnyamar sebagai domba,tapi sayang cuma keturunan ismael yg mau jd pengikutnya.

  15. jo said,

    Tuh kann… Isi kitabnya sendiri nggak ngerti..
    Dibaca dong.. Yesus sendiri udah mengatakan, akan ada nabi muhammad.
    Punya injil nggak?? Hahahaha…
    Oya, lupa, isinya dah di acak2 manusia yahh..
    Pantesann…
    Hehehehe…
    Klo yesus diangkat Allah, napa semua pada nyembah yesus..?
    Yg lebih kuasa kan Allah..??
    Ntar penuai marah lho.. Hehehe..
    Gw bukan domba. Gw manusia yg sadar, klo Allah SWT itu Tuhan yg Esa.
    Tidak di Lahir dan di Lahirkan.
    Dan nabi Muhammad adalah Nabi terakhir UTUSAN Allah. Al Quran adalah penutup semua Kitab.
    Pelajari lagi domba… Msh kratifan penuai kayaknya.
    Hahaha…

  16. lidia said,

    mas jo,saya mau minta bukti kalu memang ada injil yg mengatakan akan kedatangan muhammad.
    yesus hanya mengatakan akan datang penolong yg lain yaitu roh kudus.
    kalau memang injil palsu saya mau minta kasih tau bukti yg asli.

    kalau memang pengikut kaum keturunan pencuri ya kaya mas jo,bisanya ngutip dari kitab org,harusnya islam jgn ikut2 dong kreatif kaya agama2 lain yg percaya dewa2,punya tuhan sendiri.
    ini nabi ikut2 tapi dirubah2 nama asli orangnya.di dalam alkitab saya lengkap ada smw kitab mulai dr kitab musa sampai injil,tapi sayangnya gak ada al quran tu.yesus menyatakan dirinya sendiri dia sudah ada sebelum dunia ada,muhamad pernah gak tuh nyatain dirinya kaya gitu,yesus nyatain juga dirinya satu dalam Allah,Allah di dalam Yesus Yesus di dalam Allah.yesus jg berani nyatain dirinya berhak ngampunin dosa manusia. muhammad sama nabi2 lain gak pernah kaya gitu. menurut kamu muhammad nabi,ya semoga nabi kamu nanti pd akhir zaman memohonkan maaf dari Yesus untuk kamu. kalau agama saya yg salah ya semoga gak pa2 wlpun benar jg saya tetap hanya org berdosa. semoga mas jo masuk surga nantinya.

    • penuai said,

      Haiii Lidia :), terimakasih sudah mau berkunjung…..santai saja sobatku Lidia..tugas kita hanya memberitakan, selebihnya biar Tuhan yang kerjakan…..ngak usak ikut2an tegang Lidia, ngak baik untuk kesehatan…heheheheheee….Masalah mereka bukan di pengetahuan atau di pikiran, masalahnya ada di hati, mau dijelaskan samapi mulut berbuihpun kalau memang mengeraskan hatinya ya percuma. Prinsip saya sederhana, saya hanya mau menolong orang yang mau ditolong…kalau ndak ma ya sudah…..emangnya saya kurang kerjaan…hehehehe….

      Salam
      GBU

  17. jo said,

    Hahaha… Ogah gw megang injil lagi..
    Ngapain nyari kebenaran dr buatan manusia?
    Siapa yg bilang injil palsu? Bodoh amat..
    Buatan manusia juga.. Mau baru, mau lama juga..
    Yg ngutak-atik manusia. Hehehe…
    Seinget gw, ada ahli yg non muslim bilang, isi kitab yg lgsg dr yesus cm sedikit.
    Gw sih lupa, ( karena dah nggak peduli) dan sisanya hasil kreatif manusia.
    cari tau aja..
    Ini lagi… Ahahaha…
    Kalo menurut sy, walaupun salah juga. Mending agama lain drpd kristen.
    Setidaknya bukan Manusia yg di sembah. Iya kann..
    Hahaha… Lagi… Miss domba.., siapa yg nyuri kitab buatan manusia?
    Gmn cara nabi Muhammad nyuri, menjiplak? Beliau itu tudak bisa menulis dan membaca..
    Jadi jangan terlalu cerdas memberi statement. Al Quran adalah pelengkap kitab yg di Turunkan Allah.
    Makanya jaman kitab situ masih di utak-atik manusia nggak ada.
    Orang yg pintar itu Tahu, klo Goblok itu Sok Tahu..
    (Nggak bilang situ lho yaa, sy jg engga.. ntar sensi..)
    Yesus=Allah, Allah=yesus. Turun kebumi untuk menyelamatkan manusia.
    Lha ngapain bikin nabi2 sebelumnya?
    Ngapain bikin surga ma neraka klo bakal diselamatin semua? Napa nggak bikin surga aja?
    Ngapain jg repot2 gt?? Konyol..
    Yg mengangkat yesus jd Tuhan aja kan manusia. Tau nggak situ? Yg ngomong mantan biarawati malah.. Bukan gw lho..
    Yesus nggak pernah ngajarin agama buatan manusia, yaitu kristen. Iya kann..
    Nggak pernah lancang, sembahlah aku Tuhanmu?
    Sembahlah Allah bapakku. Itu kan?
    Ngapain jd yesus yg disembah?
    Okay, klo memang dianggap Tuhan.
    Tapi ngapain perintah dan ajarannya nggak ad satupun pengikut nasrani yg menjalankan?
    Beribadah di hari sabtu. Ko malah minggu?
    Yg nyuruh manusia kan?
    Siapa yg ngajarin berdoa nyanyi2? Aturan manusia kan?
    Tidak boleh makan babi. Dirubah jadi boleh kan?
    Tau nggak kenapa babi itu haram dlm islam?
    Klo menurut gw, bukan masalah cacing dan tetek bengeknya..
    Boleh di uji dan di buktikan.
    DNA babi itu sama dengan DNA manusia. Dan islam sudah mengaramkan itu sebelum ada kecanggihan teknologi.
    Makanya enak kan? Hahaha…
    Klo belom nyadar.. Jadi sama aja kayak makan manusia.
    Manusia memakan manusia namanya apaa..?
    KANIBAL… Dosa besar..
    Yesus udah ngelarang, ngapain nggak diikutin?
    Aturan pengikutnya yg diikutin..
    Yg berhak mengampuni manusia hanya Allah SWT.
    Bukan nabi, apalagi manusia.
    Nabi isa kelak akan bangkit. Islam meng-imani itu.
    Dia datang untuk meberi tahu akan kebenaran Allah SWT.
    Alhamdulillah, sy sudah di jalan agama Allah SWT.
    Insy, klo sy mematuhi dan LaranganNya, dipastikan tempat Syurga untukku.
    (Klo menurut gw, kalaupun msh men-Tuhankan Yesus. Ikutilah ajaran Beliau.
    Tp seluruh dunia manaaa???
    Menyimpang semua kann… Hahahahaha
    Semoga dibukakan hatimu oleh Allah SWT.
    Saya sudahhh…. Hehehehe… Alhamdulillah ya Robb…

    • mario said,

      hahahah…..
      mas jo…..
      sebenarnya kompleks sekali mengapa mas jo sangat membenci kami yang mempercayai kalau yesus yang kami sembah adalah tuhan???????
      mas hati2 dengan menyimpan benci karena sangat sedikit bedanya dengan cinta…… semoga nanti dari benci akan menjadi cinta tuhan yesus ya mas amin!!!!!!
      ada yang bilang kalo orang benci sama seseorang itu berarti dia itu punya kelebihan trus jadi iri deh…..
      mas jo ini kenapa???? IRI BUKAN?????
      kalo mas benci sama kami karena kami menyembah yesus sebagai tuhan berarti ada sesuatu ne dalam diri kami yaitu yesus makanya mas benci kalau ga ngapain benci2 tar jaadi cinta loh hahaha HALELUYA….
      makanya mas kalo mas benci menjadikan tuhan coba cintai yesus dulu baru rasakan kalo memang tidak ada damai sukacita barulah benci bagaimana mas bisa benci orang kenal aja belom………
      berarti mas tukang fitnah donk orang belon kenal udah ngehina2 yesus…. kenali dulu kalau dah kenal baru boleh benci kalo tidak ada kasih dalamnya…..
      ingat pengangkatan akan tiba lihat nanti siapa yang datang yaitu yesus percayalah kepadanya ia adalah kasih key mas jo tuhan yesus memberkatimu……
      karena dalam kami hanya ada kasih,cinta kesetian,dan pengampunan terhadap sesama…..
      bukan perang,membunuh kaum kafir,perselingkuhan dengan menikahi orang lain…muhhamad adalah orang baik semoga tuhan yesus memberikan yang terbaik atas apa yang ia telah lakukan terhadap dunia….
      TUHAN YESUS JUGA MENCINTAI KALIAN ISLAM,BUDHA,HINDU,SINTHO,YAHUDI,DAN JUGA ATHEIS…….karena kalian anak2nya juga……

  18. beta said,

    bagus itu,jo semoga diberkati tuhan yesus yah,saya suka itu berkat orang2 seperti bang jo ini yg kalau tambah banyak,surga pasti tambah luas,saya suka itu teruskan ya bang jo,lebih mudah seekor unta masuk ke lubang jarum.
    beta batarima kasih sama bang jo,karena sudah terbukti betul tidak ada bedanya bang jo seperti orang2 yahudi yg menolak yesus.

    ”Tuhan pada malam ini saya mau berdoa untuk saudaraku JO,ampunilah dia,karena dia tidak tau apa yg dilakukannya,berkatilah JO dan semua keluarganya,lindungilah mereka di dalam tangan MU,dalam nama Tuhan Yesus,saya yg percaya saya katakan,AMIN”’

  19. jo said,

    whateverrr….. ngomentar tp baca komen gw br sekali. ngulang lagi…
    ngejelasin lg… nggak penting bgt ngajarin org belajar baca….
    gw nggak benci nabi ISA. Yg nggak jelas kan manusianya, A.K.A pengikut yg bikin ajaran sendiri…
    sekali lagi.., klo ngaku umat yesus? napa seluruh dunia nggak ada yg ngelakuin perintahnya???
    kenapa???
    ngebela dia..
    me-Tuhankan Dia…
    Ngeyel ini-itu…
    mbulet ini-itu…
    tapi ajaran yesus nggak ada yg mau ngejalanin…????
    tapi hasil kreatif pengikutnya diikutin?!!??
    WHAT?!?
    siapaaaa jg yg benci dia… di islam malah harus mengimani dia seorang nabi utusan Allah.
    capek dehh….
    cuman bingung pengikutnya..
    KREATIF BANGETTTT……
    ahahahahahahahahahahahaha :) :)

  20. jo said,

    http://www.facebook.com/photo.php?pid=3945743&id=298400792751

    silahkan di lihat untuk pencerahan.
    Seorang Pendeta yg menjadi Muallaf, karena mengetahui Kebenaran Islam>
    - “Saya Sembah Apa Yg Yesus Sembah”, (Yusuf Estes).

    - ” Yusuf Estes mengakui kini lebih mengenal siapa Jesus sebenarnya dan tidak merasa meninggalkan Nabi Isa AS selepas masuk islam, Malah Yusuf Estes merasa lebih taat pada ajaran Nabi Isa yang justru diamalkan dan dijaga oleh umat Muslim”,
    (Yusuf Estes).

  21. jo said,

    Kenapa Kalian yg Mengaku Umat umat/Pengikut Yesus menyelewengkan ajarannya???

    Jadi jelas sangat jika:
    1. Nabi Isa itu ialah hamba Allah, maknanya ia bukan Tuhan.
    2. Nabi Isa diberi berbagai nikmat oleh Allah, maknanya ia bukan Tuhan.
    3. Nabi Isa sebagai bukti & teladan bagi bani Israil, bukan untuk seluruh manusia atau semesta alam

    Nabi lain pun diberi pengetahuan soalan kiamat, tapi cume sekedar tanda-tandanya sahaja, kejadian sekilas jika gunung akan berhamburan, air laut naik meluap dan lainnya, tapi tak tahu bila/kapan kiamat akan terjadi.

    Lagi, ini dibuktikan oleh alkitab christian mereka sendiri jika Nabi Isa itu tak tahu bila/kapan kiamat terjadi. Sy tidak cume asal bicara, semua kena ada bukti & bukti terkuat ialah kitab “Suci”

    Markus 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.”

    Matius 24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.”

    Dari 2 ayat diatas, dapat kita ambil beberapa makna:
    1. Tidak ada yg tahu kapan kiamat kecuali Allah, bermakna tidak ada Tuhan selain Allah
    2. Malaikat tidak tahu kapan kiamat, bermakna malaikat bukan Tuhan
    3. Nabi Isa tidak tahu kapan kiamat, bermakna Nabi Isa bukan Tuhan

    Jadi, terbukti dengan jelas sangat jika Tidak ada yang tahu kapan kiamat kecuali Allah, Yang tahu kapan kiamat Cuma Tuhan. Bermakna tiada Tuhan selain Allah —-> Islam terbukti Benar!

    Nabi Isa tidak tahu bila/kapan kiamat, bermakna Nabi Isa bukan Tuhan kerana Nabi Isa tidak MAHA TAHU! Setiap yang tidak MAHA TAHU bermakna bukan Tuhan, manusia, malaikat, jin & setan tidak Maha Tahu & tidak tahu kapan kiamat akan terjadi bermakna manusia, malaikat, jin & setan bukan Tuhan. Nabi Isa tidak tahu kapan kiamat, bermakna Nabi Isa bukan Tuhan.

    Kamiikuti apa yang diucapkan oleh Nabi Isa, Nabi Isa kata: Yang tahu bila/kapan kiamat cuma Allah, dia tidak tahu…. maka kami pun menuruti apa yang Nabi Isa ucapkan, sementara umat Christian menentang apa yg dikatakan oleh Nabi Isa.

    Oleh kerana itu maka lebih tepat jika kami mengakui Umat Islam ialah pengikut Nabi Isa a.s. a.s. yg sebenar, sementara umat Christian ialah pengkhianat Nabi Isa a.s. a.s..

    Jadi,,, 1 lagi BUKTI,,, Islam TERBUKTI BENAR!
    DARI ILMIAH,,,, Islam terbukti Benar
    DARI KITAB LAIN,,, Islam terbukti Benar

    Segala puja & puji bagi ALLAH,,, Qur’an TERBUKTI Sepanjang Masa!

    klik SHARE/BAGIKAN/KONGSI/TAG PHOTO dibawah gambar/note agar boleh nampak dalam profile wall post sendiri, agar rakan & saudara lain boleh tahu jika ISLAM satu-satunya yg TERBUKTI BENAR… ^_^

    Jangan lupa bagi tahu rakan & saudara lain menjumpai page group ini agar lagi ramai orang tahu & saling ingat mengingati sesama insan. Supaya lagi ramai orang boleh mendakwahkan & menyampaikan jika cuma Islam sahaja satu-satunya agama yg TERBUKTI BENAR!
    —————————-
    Kerana sy lihat ramai NEW member sekitar 5,000->10,000 orang untok setiap harinya, maka dibawah ini ialah tulisan pada wall post hari-hari lalu yg penting sangat untok ahli baru/new member.
    —————————-
    Lazimnya, pada awalnya, kita beragama cuma ikut orang tua sahaja. Kita tak fikir agama benar atau salah.

    Jika kita lahir di timur dari keluarga islam, maka kita islam.
    Jika kita lahir di barat dari keluarga christian, maka kita christian.
    Jika kita lahir di Himalaya dari keluarga budha, maka kita jadi bhisksu.

    19 keyakinan, meski yakin sangat dengan seyakin-yakinnya, maka tetap lah tak bermakna ada 19 Tuhan,tetap Tuhan cm 1 !

    1 Tuhan bmakna 1 Agama yg sebenar,macam mana kita boleh tahu sebuah agama benar???

    Jadi, dalam soalan ini kita TIDAK BICARA TENTANG KEYAKINAN, tapi kita paparkan BUKTI KEBENARAN.

    Jika Islam Benar, apa buktinya?
    Jika Christian Benar, apa buktinya?

    Untok membuktikan sebuah agama benar, maka tak boleh ditengok dari kesalahan ummatnya, kerana ummat tetaplah manusia yg tak sempurna.

    Jika di negeri muslim ramai orang miskin yg beragama islam, maka itu tak bererti islam buruk, kerana di philipin yg miskin sangat agamanya ialah katholik.

    Jika di negeri muslim ramai pesalah/penjahat yg masuk lokap/penjara ialah ramai yg beragama islam, maka tak bererti islam buruk, kerana di brazil, venezuela, mexico, argentina yg menjadi pesalah/napi di lokap ialah beragama christian atau katholik.

    Pembuktian sebuah agama benar pun tak boleh ditengok dari pendapat orang, kerana lain orang lain fikiran, & ada ramai pendapat orang dimuka bumi ini yg satu sama lain berbeza.

    Pembuktian sebuah agama benar kena dilihat dari kitabnya, jika memang kitab itu dari Tuhan, maka TAK BOLEH ada kesalahan sesikit apapun.

    Mari kita sama buktikan 2 hal sahaja:
    1. Bukti nyata Qur’an ialah mukjizat terbesar & sepanjang masa
    2. Bukti nyata alkitab christian ramai kesalahan soalan ajaran & ayatnya

    Ramai dalam Qur’an disebut Taurot & Injil yg kena kita imani, tapi Taurot & Injil itu sudah tak suci lagi, maknanya, ayat yg betul itu ada, tapi yg salah pun banyak sangat, jumlahnya menjumpai RIBUAN KESALAHAN.

    Dan, ramai pulak ajaran dalam alkitab christian yg tak diketahui, disembunyikan, tak dilaksanakan, diingkari & bahkan diejek pulak oleh ummat christian sendiri.

    Dan dalam posting hari hari lalu, kita sudah bahas banyak bukti kebenaran Quran & kesalahan Alkitab chistian.

    Dalam posting kemarin, telah terbukti dari kitab christian sendiri jika:
    1. Nabi Isa a.s. Menyuruh menyembah cuma pada ALLAH sahaja
    —-> Gereja ajarkan “Tuhan” bapak, “Tuhan” anak & “Tuhan” roh
    2. Nabi Isa a.s. Tidak pernah menyuruh orang menyembah dirinya
    —-> Gereja ajarkan menyembah Jesus
    3. Nabi Isa a.s. mengajarkan Syahadat
    —-> Gereja ajarkan baptis “Tuhan” bapak, “Tuhan” anak & “Tuhan” roh
    4. Nabi Isa a.s. mengajarkan shalat dengan sujud setiap hari
    —-> Gereja ajarkan 1 minggu 1x tanpa sujud
    5. Nabi Isa a.s. mengajarkan hadap kiblat
    —-> Gereja ajarkan menyanyi nyanyi
    6. Nabi Isa a.s. mengajarkan berwudhu dahulu sebelum shalat
    —-> Gereja menghapus wudhu, padahal ayatnya jelas
    7. Nabi Isa a.s. mengajarkan buka kasut/alas kaki jika masuk rumah ibadah
    —-> Gereja ajarkan guna kasut masok gereja
    8. Nabi Isa a.s. mengajarkan sunat
    —-> Gereja kata sunat cuma adat, padahal perintah & ancaman jelas
    9. Nabi Isa a.s. mengajarkan berdoa pada ALLAH
    —-> Gereja ajarkan berdoa pada Jesus, Maria, Malaikat, Santo
    10. Nabi Isa a.s. mengajarkan menuruti hukum Taurat
    —-> Gereja ajarkan Taurat tak penting
    11. Nabi Isa a.s. melarang menghapus hukum Taurat setitik kecilpun
    —-> Gereja ajarkan Taurat dihapus
    12. Nabi Isa a.s. mengharamkan semua jenis babi
    —-> Gereja ajarkan makan babi
    13. Nabi Isa a.s. mengajarkan Shalat Tahajjud
    —-> Gereja siang hari sahaja tak pernah, apalagi 1/3 malam terakhir
    14. Nabi Isa a.s. mengajarkan minta ampun cuma pada ALLAH
    —-> Gereja ajarkan minta ampun pada pastor
    15. Nabi Isa a.s. tak pernah ajarkan minta ampun melalui tiang salibnya
    —-> Gereja ajarkan dosa diampuni cuma dengan penyaliban
    16. Nabi Isa a.s. mengajarkan dosa waris itu tak betul
    —-> Gereja ajarkan dosa Nabi Adam diwariskan semua orang
    17. Nabi Isa a.s. mengajarkan jika TUHAN itu cuma 1, yaitu ALLAH
    —-> Gereja ajarkan Tuhan ada 3
    18. Nabi Isa a.s. mengajarkan jika dia cuma utusan ALLAH
    —-> Gereja ajarkan Jesus, Utusan ALLAH, menjadi ALLAH
    19. Nabi Isa a.s. mengajarkan jika dia ialah Nabi bagi bani Israel sahaja
    —-> Gereja ajarkan Jesus untok seluruh dunia
    20. Nabi Isa a.s. & para Nabi terdahulu mengajarkan pelihara janggut
    —-> Gereja menghilangkan ajaran pelihara janggut
    21. Nabi Isa a.s. mengajarkan shalat berjamaah
    —-> Gereja mengajarkan nyanyi berjamaah… ??? ^_^
    22. Nabi Isa a.s. mengajarkan berdzikir & berdoa setelah sujud
    —-> Gereja tak tau apa lagi yg diajarkan…
    23. Nabi Isa a.s. & para Nabi terdahulu melarang minum alcohol
    —-> Gereja jadikan Alcohol itu wajib dalam ibadah perjamuan kudus???
    24. Nabi Isa a.s. a.s. melarang guna patung & gambar dalam beribadah
    —-> Gereja ajarkan sujud didepan patung & berdoa hadap gambar Jesus
    25. Nabi Isa a.s. a.s. ajarkan menyembah ALLAH dalam roh tanpa wujud
    —-> Gereja ajarkan sembah selain ALLAH dalam wujud patung/gambar
    26. Nabi Isa ajarkan yg tahu kiamat cuma Allah sahaja
    —-> Gereja ajarkan Jesus tahu kapan kiamat sebab Jesus Tuhan
    27. Dan banyak hal lainnya…. termasuk yg belum diposting… ^_^

    Dan berbahagialah kita sebagai muslim kerana kita lah yg mengamalkan semua itu, Qur’an telah memurnikan ajaran-ajaran yg telah hilang & tak dilaksanakan oleh ummat terdahulu yang ingkar pada kitabnya sendiri.

    Untok posting hari lalu, sila click di link ini:
    http://www.facebook.com/album.php?aid=147602&id=298400792751

    Jadi,,, ada baiknya semua umat christiani meninggalkan ajaran gereja yg bertentangan dengan ajaran Nabi Isa a.s..

    Yohanes 14:15. “Jika kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahku.

    Qur’an…
    Ialah mukjizat sepanjang masa…
    Di masa sastra,diakui bahwa Qur’an ialah sastra terindah..
    Keindahan bahasa & hikmah didalamnya sangat tajam..

    Di masa keajaiban, Qur’an ialah keajaiban dari keajaiban…
    Dari segi matematika, Qur’an ialah keajaiban matematika alam semesta
    Di masa perang dunia 2, Qur’an telah menulis formula nuklir

    Dan sekarang, ialah zaman Ilmu pengetahuan…
    Jika memang Qur’an ialah mukjizat sepanjang masa, lalu apakah Qur’an sesuai dengan Ilmu Pengetahuan???

    Bahasa Arab ialah bahasa paling sulit di dunia, kerana 1 kata mempunyai banyak arti, bahkan dalam 1 kata gender bisa berarti pria pada salah satu suku arab, tapi dapat pula bermakna wanita pada suku lain.

    Tak seperti kitab lain yg telah kehilangan bahasa aslinya, Naskah tertua dari Alkitab Christian Perjanjian Baru ialah dalam bahasa Greece/Yunani, padahal Nabi Isa a.s. menggunakan bahasa Ibrani.

    Bahasa tersulit ke 2 ialah bahasa China.

    Telah terbukti, tak satupun dari ayat Qur’an yang bertentangan dengan ilmu pengetahuan, bahkan ayat Qur’an menyatakannya secara rinci…

    BAHKAN, MASIH BANYAK AYAT QUR’AN YANG BELUM DAPAT DI BUKTIKAN OLEH PENEMUAN TEKHNOLOGI MODERN. Semua ini masih dapat kita lihat di hadapan kita sendiri…

    Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. QS. 4 An-Nisaa’:82

    Meski Rasulullah Muhammad SAW memiliki banyak mukjizat fisik seperti menyembuhkan orang lumpuh, membelah bulan, berbicara dengan binatang seperti Nabi Sulaiman, para sahabat berjalan diatas laut, memberi makan ribuan orang dengan sikit makanan, dan masih sekitar 300 mukjizat lainnya yang telah sy tulis dalam wall post 1 bulan lepas, tapi tetaplah Qur’an ialah Mukjizat terbesar & sepanjang masa.

    Itulah mengapa Qur’an disebut mukjizat terbesar & sepanjang masa kerana banyak ayat Qur’an yang baru dapat dibuktikan oleh peralatan modern abad terahir. Mulai dari Astronomi, Geology, Biology, Math, chemistry, Oceanography dan segala bidang.

    Sebuah Mukjizat terbesar berupa sebuah buku yang diturunkan melalui seorang Al-Amin (tak pernah berbohong) yang tak dapat membaca dizaman kuno kepada ummat terakhir yang pintar dan selalu membaca buku di zaman modern dan baru dapat dibuktikan oleh peralatan akhir zaman. Siapa lagi yg mewahyukan jika bukan PENCIPTA ALAM SEMESTA?

    Sesungguhnya, masih banyak BUKTI ayat soalan ini, tapi untok BUKTI diatas cukuplah untok orang berfikir. Dan dalam berfikir pun kena guna AKAL, ramai paderi cakap jika iman itu percaya dahulu, tapi Nabi Isa a.s. pun menyuruh agar gunakan AKAL dalam menyembah ALLAH.

    Markus 12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap HATIMU dan dengan segenap JIWAMU dan dengan segenap AKAL budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

    Matius 22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap HATIMU dan dengan segenap JIWAMU dan dengan segenap AKAL budimu.

    Lukas 10:27 Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap HATIMU dan dengan segenap JIWAMU dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap AKAL budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

    Jadi,,, banyak bukti sudah… ISLAM TERBUKTI BENAR….

    Qs.3 Ali Imran:85 Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka SEKALI-KALI TIDAK AKAN DITERIMA daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi

    Qs.3 Ali Imran:19 Sesungguhnya agama disisi Allah HANYALAH Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya
    ———————————
    Jika ada orang yg nak masok Islam, maka SEMUA dosa dia yang telah lalu PASTI diampuni ALLAH.

    Qs.8 Anfaal:38. Katakanlah kepada orang-orang yang kafir itu: “Jika mereka berhenti (dari kekafirannya), NISCAYA/PASTI Allah akan mengampuni mereka tentang dosa-dosa mereka yang sudah lalu; dan jika mereka kembali lagi sesungguhnya akan berlaku sunnah orang-orang dahulu “.

    Dan… Siapakah yang ingin masuk Islam?

    Qs.2 Baqarah:256. Tidak ada paksaan untuk agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

    Mintalah ampun pada ALLAH, ALLAH Maha Pemaaf, dan hanya ALLAH sahaja yang boleh mengampuni dosa.

    Qs.39 Zumar:53. Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    Qs.29 ‘Ankabuut:7. Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.

    Lalu, Mereka lah yg menghina Nabi kita sementara kita tak pernah menghina Nabi Isa a.s. AS, kerana Nabi Isa a.s. AS itu tetaplah salah satu dari Nabi Mulia dari Islam yg WAJIB diimani.

    Jika ada ummat kristen yg membaca ini, maaf, jangan la marah ama gw, tapi marah lah pada alkitab yg ada ditangan kalian sendiri. gw ngomong bukan dari hati, tapi selalunya ada BUKTI NYATA dari kitab daripada kristen & Qur’an.

    Jika menyembah hanya kepada ALLAH itu salah… mana BUKTInya?

    Sekali lagi… ISLAM TERBUKTI BENAR !!
    Kristen terbukti mengingkari alkitab ditangan mereka sendiri…

    (dari: http://www.facebook.com/photo.php?pid=3945743&id=298400792751)

    assalamualaikum,

    • edoniwaya said,

      Mengapa orang Kristen tidak perduli kata agama lain?
      coba tanya setiap orang kristen apa lagi orang kristen yang lahir baru.
      mengapa anda tetap sikukuh dengan keimanan anda?

      jawabannya:
      1, Kekeristenan bukan agama melainkan keimanan yang diberikan langsung oleh Tuhan dalam diri ORANG KRISTEN. jadi keimanan orang Kristen adalah hadiah yg terindah.
      2. kekristenan bukan untuk diperdebatkan melainkan untuk disebarkan. mau percaya silahkan, tidak percaya silakan.
      tapi biasanya jika Tuhan berkenan kepada seseorang Dia sendiri yang akan berperkara atau mengerjakan pertobatan itu tanpa harus dMENYOGOK dengan supermi DLL.
      …….. coba tanya orang yg murtad apa yg mereka rasakan saat menjadi pengikut Kristus……………
      pasti JAWABANYA, SUKACITA DAN DAMAI SEJAHTERA, SERTA KELEPASAN!
      mau tau kenapa jawabannya seperti itu?
      JAWABANNYA KARENA TUHAN AKAN DENGAN SUKA RELAH MEMBERIKAN ROHKUDUSNYA PADA ORANG YG INGIN BERTOBAT DAN YANG MENCARI TUHAN!
      3. KEKRISTENAN DIKUKUHKAN DENGAN TURUNYA ROHKUDUS TUHAN PADA UMAT CIPTAANNYA. DAN HANYA ORANG KRISTEN DAN ORG YANG MENCARI TUHANYA ORANG KISTEN YANG BISA MERASAKAN ITU. (MAU COBA) CUKUP KATAKAN DENGAN SUNGGUH2 “NABI ISA ALMASIH AKU INGIN MENGENAL ENGKAU, AMIN)”
      4. KEKRISTENAN TIDAK MENGAJARKAN KEKERASAN.
      5. TUHANYA ORANG KRISTEN TIDAK AKAN PERNAH MEMINJAM TANGAN MANUSIA UNTUK MEMUSUHI MANUSIA YANG TIDAK PERCAYA KEPADANYA.
      5. TUHANNYA ORANG KRISTEN TIDAK MENGAJARKAN UNTUK MEMBALAS KEJAHATAN DENGAN KEJAHATAN.
      6 TUHANNYA ORANG KRISTEN SANGAT BAIK PERKASAH DAN TAU MEMBEDAHKAN yang baik dan yang jahat.
      7. Tuhannya orang kristen tidak pernah berbuat yang tidak terpuji seperti mengawini anak di bawah 9 tahun dan setiap hendak memenuhi napsunya baik nafsu seks, napsu membunuh maka dia akan membuat ayat untuk mendukung setiap apa yang dia mau perbuat agar tidak cacat terlihat oleh pengikutnya apa lagi orang yg tidak mendukungnya sama sekali.
      8. Akhir dari kehidupan orang Kristen ” dijanjikan tempat yg penuh dengan kasih dan damai sejahtera yaitu sorga.” tidak harus bertanya2 apakah amal saya sudah cukup untuk masuk surga (SEMOGA MASUK SORGA)
      9. ORANG KRISTEN YANG SETIA SAMPAI AKHIR PASTI MASUK SURGA KARENA ORANG KRISTEN TELAH DIBENARKAN OLEH IMANNYA KEPADA YESUS KRISTUS.

  22. paulus said,

    islam g ada kaitannya secuil pun dgan kristen. . .jadi lupakan saja prnyataan yg anda tulis. . .mengait2kan 2 agama buat apa?
    Dan juga yg mengetahui kiamat,apa memang tuhannya islam(allah)?di alkitab yunani n ibrani ga ada kata allah. . .

    • jo said,

      ahahahahahaha kocak comment lo…
      coba deh baca lg sendiri.. hahahahaha….
      kebanyakan di kamar mandi ni pasti.. ampe lupa buka kitab sucinya sendiri…
      ahahahahahaaaaa…. banyakan makan ubi pasti… ampe comment mirip ma kentut….
      hahahahahahahahaha…..
      peace,,,,,,,

  23. dennis huts said,

    Ibr 12:1 “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat”.

    So, tetaplah beriman padaNya dan Alkitab yang berisi pengajaranNya.

    GBU :)

    • penuai said,

      Thanx bro….GBU

    • jo said,

      ya nggak ada masalah… silahkan.. itu hak situ….
      bahkan kalian semua pengikut ajaran kristen…
      tp mbok yahh,,, klo udah ngaku Percaya… Beriman pada yesus, diikutin ajarannya.. dan firmannya….
      jangan si paulus,,, yohanes, dan kawan-kawan dong…..
      tanya deh, sama pendeta, atau petinggi2 di kristen. Kok bisa gitu…?
      coba deh… kan katanya iman kalian bilang, yg nebus dosa yesus.
      enak amat paulus dkk yg dipatuhin..?? ntar kualat lho ma yesus…
      klo paulus kecedot closet, trus lupa ingatan. bikin ajaran2 baru lg gmn??
      blog yg di print yohanes di acak2 lagi gmn??
      mau ber-iman ma siapa? masa ma dokter yg menangani paulus? kan nggak mungkin… berabe kann…..
      Tapi…….,
      yah teserah sihh…..
      klo sudah mengaku ber-iman ya manteb-in sama apa yg di imani.

      Yohanes 14:15. “Jika kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahku

      (sorry gak tau bener atau salah, dpt dr yohanes)

      Klo sy, Meng-Imani Islam.
      Maka akan mengikuti Perintah, dan Menjauhi Larangan Allah SWT.
      karena itu yg diajarkan oleh nabi2. (termasuk nabi Isa as lho, tapi banyakan nabi Muhammad saw).

      Selamat Ber-Iman….

      • penuai said,

        Mas Jo, terimkasih buat komentarnya. Usulnya sangat bagus sekali, tapi sangat tidak mengena sekali……anda menyuruh kami beriman kepad Yesus seakan-akan anda lebih kenal Yesus daripada kami, namun saya ragu akan hal ini….boro2 anda mengenal Yesus, bahkan anda sendiri mungkin tidaklah mengenal siapa sesembahan anda.

        Anda juga mengataan bahwa anda mengikuti ajaran nabi2, nahh…nabi2 yang mana maksud anda?? 99 % nabi TUHAN adalah keturunan Yahudi dan bangsa Yahudi….setahu saya, malah golongan anda sampai saat ini sangat membenci Yahudi dan mengatakan bahwa ajaaran mereka telah dipalsukan (meskipun tanpa bukti yang jelas dan cukup). Kontradiksi sekali. Lagipula dari cara anda menjawab komen selama ini, integritas dan pengakuan anda yang mengaku2 sebagai orang yang mengenal tuhan sangat2 diragukan sekali. Kalimat2 yang anda keluarkan, kebanyakan berasal dadri emosi, asal tuduh tanpa bukti dan sering kali kata2nya kotor.

        Maaf bila ada kata2 yang salah.
        GBU

      • yohaneshadi10 said,

        Mas Jo yang budiman…. saya setuju dg “penuai” karena faktanya demikian…

  24. jo said,

    it’s okay penuai.. nyantai ajaa…

  25. Lucifer said,

    membaca postingan comentar sahabt sekalian satu fenomena yang penulis blog ini tidak bisa jawab tentunya dengan kroni-kroninya tentunya. Setiap komen saudara jo tidak ada satupun jawaban ilmiah yang bisa dilontarkan dari penulis maupun yang sependapat dengan penulis. Disebutkan dalam injil yesus lahir dengan suasana hangat dengan hangatnya mentari alam tenang dan seolah-olah semua bergembira. Pertanyaanya kenapa natal (25 des) jadi hari lahir yesus dah jelas desember itu musim dingin. Andaipun anda dapat mnjwab pertanyaan ini saya ajukan pertanyaan pada nurani anda (semoga masih nurani bukan lagi dzulmani (kegelapan hati). Jika injil sekrang firman Tuhan yang sejati dan benar salinan kata-katanya apa hak manusia mengadakan revisi (perjanjian lama-perjanjian baru). manusia itu penuh nafsu dan khliaf, bagaimana bisa menulis untuk jdi pedoman smp akhir jaman? apa tuhan gak marah kata-katanya diselewengkan? ada komentar yang menggilitk tanda orang itu benar2 tidak mendalami agamanya..mengapa kalian menyebut yesus kalian dengan sebutan anak tuhan? apakah tuhan kimpoi dulu baru bisa melahirkan utusan ke bumi. Kalian merendahkan tuhan kalian sendiri dengan menyebut makhluk ciptaan nya dengan anak..jika tuhan mampu menciptakan alam semesta dengan mudahnya tanpa bantuan siapapun bagaimana bisa dia menciptakan utusan dibumi melalui bantuan kimpoi dulu ma perwan maria? benar-benar merendahkan tuhan..jika injil sekrang adalah firman tuhan yang hakiki bagaimana bisa injil gubahan matius dan injil gubahan yang lain bisa berbeda? ini manusia yang nulisnya yang gak konsisten atau tuhan yang tidak konsisten…tanyakan pada nuranimu saudara sebangsaku..

  26. jabon said,

    by jabon

    namun menrut saya semua itu banyak yang di plsukan

    • penuai said,

      Anda selalu berkata palsu tanpa pernah bisa menunjukkan yang asli !!!!
      Kalau anda tau sesuatu itu palsu artinya anda pernah lihat yang asli, nah..daripa hanya berargument saja silahkan anda tunjukkan mana yang asli !!

      Thanx buat kunjungannya
      GBU

  27. Aisya Aminih said,

    Orang bebal ngak usah ditanggapi akal sehat mereka sudah dibutakan sama iblis, percuma saja ditanggapi. Orang fasik biarlah tetap berlaku fasik nanti kita lihat saja mereka di neraka ( nabinya aja tiap saat minta didoain biar tidak masuk neraka ). Mereka semua akan masuk neraka karena tidak ada yg mendoakan mereka.
    Salam,

  28. Nda said,

    Tuhan Itu baik bahwasanya untuk selamanya.. teman aku bukan Kristen dari kecil.. saya adalah seorang muslim… untuk kita bisa mengerti, yang pertama harus kita lakukan adalah percaya, maka Tuhan sendiri yang akan menyatakan kebenaran itu kepada kita… Kami Mengasihi kalian … GBU

  29. Mamat SAWan said,

    Saya sangat senang & bersyukur kl disini sudah tmbh bnyk yg memperhatikan, artinya makin bny kupasan Firman Tuhan untuk menjangkau jiwa2. Salah satunya jo yg sangat tertarik mengikuti dgn seksama ajaran keselamatan dari TUHAN YESUS, mungkin skrg dia masih bingung atau malu mengakui kekagumanya akan YESUS dimana ajaran yg selama ini dia anut & bela mati2an justru tdk membawa kepastian keselamatan & damai sejahtera dlm kehidupan. Tdk apa, sudah bnyk cth yg spt jo ini bahkan di alkitab ada paulus yg dulunya lbh bingung daripada jo tapi toh akhirnya Tuhan jadikan hambaNYA yg setia. Btw jo tdk usah berkecil hati krn Yesus sangat mengahsihi saudara & kita semua. Toh kl Tuhan yg panggil siapa yg dpt menolakNya? Semoga dibukakan jalan keselamatan buat anda, JBU

    • yohaneshadi10 said,

      ya kita doakan saja Tuhan menunjukan belaskasihan-Nya kepada kita sehingga mas Jo dkk boleh mengalami kasih Tuhan…

  30. yohaneshadi10 said,

    Jesus love us

  31. nunut said,

    wah,cukup seru perdebatan ini,tp mmg tiada akhirnya..
    semua kembali kepada iman masing2..hargai iman percaya org lain tanpa mengejek atau apalah yg sifatnya negatif. Biarkan Allah yg bekerja, kita sebagai hambaNYA hanya ingin menjalankan perintahNYA,hiduplah dalam kasih persaudaraan,berbeda itu indah…salam kenal utk kalian semua, GBU all

Comments are closed.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: