BUKTI KEMATIAN YESUS

Juli 10, 2010 at 9:03 am (Keselamatan) (, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , )

Ada pengajaran yang mengatakan bahwa Yesus sebenarnya tidak mati di kayu salib, tetapi digantikan oleh Yudas Iskariot. Mengenai analisa seperti ini, ada dua anggapan keliru mengenai kematian dan kebangkitan Yesus, yaitu :

  1. Sebenarnya Dia tidak benar-benar mati tetapi hanya mati suri saja. Dia hanya pingsan, kemudian pada hari ketiga Dia hidup lagi.
  2. Sebenarnya Dia hanya manusia biasa dan Dia sudah mati. Dia benar-benar sudah mati dan tidak bangkit lagi. Murid-murid itulah yang mengatakan bahwa Yesus sudah bangkit agar mereka dapat membuat agama baru.

Dari dua teori kemungkinan itu, mari kita buktikan bahwa kedua-duanya tidak benar karena dengan jelas Alkitab memberikan fakta-fakta bahwa Yesus itu tidak pingsan. Berbagai penulis di Alkitab memberikan bukti-bukti yang nyata. Ada seorang ahli hukum dari Universitas Harvard yang bernama simon Greenleaf mengatakan bahwa fakta-fakta untuk menunjukkan bahwa Yesus itu bangkit secara otentik, jauh lebih banyak daripada fakta-fakta yang biasanya mereka gunakan di pengadilan untuk menghakimi orang. Fakta untuk menghakimi orang di pengadilan dibandingkan dengan fakta Yesus bangkit jauh lebih sedikit.

Yesus itu benar-benar telah mati. Darimana kita dapat mengetahuinya ? Ingat ! Dia mati pada hari Jumat, jam tiga. Sementara jam enam sudah mulai Sabat. Menurut peraturan orang Yahudi, saat memasuki jam enam tersebut, tidak boleh ada mayat yang tergantung. Bagi orang Yahudi, penyaliban adalah suatu kutuk. Jadi, ketika memasuki hari Sabat tidak boleh ada mayat. Jadi, ketika memasuki hari Sabat tidak bleh ada mayat lagi kaluapun masih ada maka harus dikuburkan hari itu juga. Bila orang yang disalibkan tersebut masih hidup maka harus dibunuh dengan cara dipatahkan tullang pahanya.

Kematian Yesus ini membuat Pontius Pilatus merasa heran. Karena tadinya menurut Pilatus pastilah Yesus bisa lolos atau pasti ada mukjizat sehingga Yesus bisa bebas. Kenyataannya, Pilatus merasa heran, karena Yesus yang mengaku Anak Allah bisa mati juga.

Darimana Pilatus tahu kalau Yesus sudah benar-benar mati sehingga dia mengizinkan Yusuf Arimatea menguburkan mayat Yesus (Yoh 19:38) ? Dari laporan para penjaga-penjaga dan tentara Romawi yang mematahkan kaku dua orang penjahat yang disalibkan bersama Yesus. Ketika tentara memeriksa mereka, kedua penjahat itu masih hidup sehingga perlu dipatahkan kedua kakinya. Sedangkan Yesus sudah mati, sehingga mereka tidak mematahkan kakiNya, tetapi menikam lambungNya. Ini merupakan penggenapan nubuatan 1000 tahun sebelum Yesus lahir oleh Daud, dalam Mazmur 34:21 dan Yoh 19:36 bahwa tidak ada satu tulangpun dari Tuhan Yesus yang patah. Lalu untuk lebih meyakinkan bahwa Yesus sudah mati, tentara Romawi menombak lambungNya. Saat ditombak, Yesus sama sekali tidak bereaksi. Jadi, sangat jelas bahwa Yesus sudah mati saat itu. Karena jika belum mati atau setengah mati pastilah Yesus bereaksi, ketika ditombak. Dia memang sudah mati dan Dia tidak dipatahkan tulangNya. Yesus mati bukan Karena sekedar dianiaya, tetapi Dia sendiri telah menyerahkan nyawaNya.

Bila Dia tidak menyerahkan nyawaNya, Dia tidak akan mati. Karena Dia adalah manusia sekaligus Allah. Tidak mungkin Allah bisa mati. Tetapi karena Dia menyerahkan nyawaNya maka Dia mati. Jadi, Yesus benar-benar mati sebab kalau Yesus tidak benar-benar matimaka penebusan buat kita itu palsu dan tidak ada artinya. Ini berarti bahwa kita tidak dapat ditebus dari dosa-dosa kita.

Dia benar-benar mati dan tidak mungkin bahwa Yesus itu mati suri atau pingsan. Bayangkan bila Yesus pingsan, dalam waktu tiga hari tidak makan apa-apa sedangkan tubuhNya hancur berantakan dengan luka-luka yang parah dan kuman-kuman infeksi pasti sudah memasuki tubuhNya. Selama tiga hari dibalut dengan kain dan hidunyNya juga ditutup kain dan berada dalamĀ  liang kubur yang dingin. Apakah ada orang pingsan dibungkus kain, tiba-tiba sadar kembali kemudian mampu membuka kain dan tali pengikat tubuhnya sendiri ?

Lazarus saja, setelah dibangkitkan kembali, untuk membuka tali pembungkus tubuhnya kerepotan dan tertatih-tatih keluarnya (Yoh 11:43-44). Dan jika Yesus hanya pingsan, bagaimana Dia dapat mendorong batunya ? Batu itu beratnya 200 kg. Kalaupun Dia dapat menggulingkan batunya, pastilah Dia akan bertemu dengan penjaga yang disuruh oleh Pilatus untuk menjaga dan mengawasiNya. Pontius Pilatus takut kalau-kalau murid Yesus mencuri mayat itu kemudian menyebarkan isu bahwa Yesus sudah bangkit. Oleh sebab itu Pontius Pilatus mengawasi tempat itu melalui penjaga tersebut. Penjagaan mayat itu ketat sekali (Mat 27:64-65).

Bahkan ada orang Yahudi yang disogok untuk menghasut masyarakat bahwa mayat Yesus telah dicuri oleh murid-muridNya (Mat 28:12-13). Bila murid-murid mengatakan mayat Yesus dicuri, uuntuk apa ? Bukankah akan lebih menguntungkan buat orang Yahudi, jika mereka mengatakan kalau mau melihat mayat Yesus, silahkan saja. Karena kalau sampai bisa melihat mayat Yesus, berarti kekristenan tidak ada artinya. Tetapi, mereka tidak dapat menunjukkan mayat Yesus . Sia-sialah iman kita jika Kristus tidak dibangkitkan. Jadi, perhatikan ! Jika Yesus benar-benar pingsan sangat tidak masuk akal. Yesus itu telah benar-benar mati.

About these ads

17 Komentar

  1. artificial left eye said,

    Yesus hidup saja terangkat ke sorga apalagi mati. Jadi Yesus bolak-balik ke sorga 2 kali dalam keadaan hidup dan mati demi menyelamatkan roh seluruh manusia.

  2. andika said,

    penjelasanya terlalu mutar muter sampai kepala pusing. penjelasan ilmiah yang sederhana dan bisa masuk logika bisa tidak?

    • penuai said,

      Baiklah, tapi ada baiknya anda lakukan test psikotest dulu untuk menghitung tingkat IQ anda. Kalau sudah, silahkan konfirmasi balik hasilnya biar bisa saya buatkan artikel yang sesuai dengan logika anda dan bisa diterima oleh akal anda.

      Terimakasih.

    • Doney said,

      waduhh mana kuasa Tuhan gak bisa diukur pikiran atau logika bro, Firman Tuhan bilang Matius 13 : 11 : “Jawab Yesus ” Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui kerajaan Sorga, Tetapi kepada mereka tidak” mungkin dikau termasuk yang tidak di beri karunia bro :P

  3. Pacarku Nasrani said,

    Gan… Okeh juga nih penjelasan-penjelasan, udah beberapa artikel yang saya baca, dan menurut saya cukup top cer juga nih kata-kata Penuai.

    Saya ada pertanyaan nih:

    1. Apakah umat kristiani percaya dengan kehidupan di luar angkasa, sebagai contoh, Planet Mars, atau planet-planet lain? Apakah ada ayat mengenai hal tersebut?

    Itu aja pertanyaannya Penuai, terima kasih atas perhatiannya nih.

  4. Kaka said,

    Hehehehe Alkitab mencatat soal angkasa n bintang-bintang kok, nih salah satunya:
    “Allah menggantungkan utara di atas kekosongan, dan bumi pada kehampaan (angkasa yang hampa)” Ayub 26:7

    Mo soal komputer? Ada di kitab Wahyu juga kok….

    Hehehehe Alkitab memang kitab terlengkap….
    Ga heran para penemu adalah orang2 Yahudi yang suka baca nih kitab….
    Semua rahasia disingkapkan pada mereka yang menyelidiki kitabNya….

    • penuai said,

      Tris, apakah orangtuamu akan membiarkan kamu jika terjatuh ke dalam kubangan yang kotor..?

    • Emmanuel said,

      jawaban ada pada matius 9 : 9-13

      9:9. Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.

      9:10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.

      9:11 Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?”

      9:12 Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

      9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

    • Ian said,

      semua orang telah berdosa dan pantas mati. namun karena Allah mengasihi kita semua sehingga mau menebus kita semua. turun dari surga, jadi sama dengan manusia, disiksa sampai mati menggantikan kita semua. pikirkan… betapa dalamnya kasih Allah itu. sulit dibayangkanbetapa besarnya kasih yang telah ditunjukannya kepada kita semua. masihkah kita menyia2kan kasih dan pengorbanan sebesar ini ?
      lalu pertanyaannya adalah : Allah seperti apa yang kmu kenal ? Allah yang tinggal diam ketika umatnya binasa ??

  5. givethanks said,

    @kaka .. di Yesaya juga dituliskan ttg bumi bulat mas.. :) ..
    btw yg wahyu tu wahyu brp mas? thx..

    GBU..

  6. YUDA PLANTHEMAH said,

    saya sangat percaya TUHAN YESUS mati d kayu salib buat menebus semua dosa umat manusia yang sekalipun menganiaya DIA, dan bangki pada hari ke 3 untuk kembali kepada BAPA DI SORGA,,,

    GBU all,,,

  7. benbos said,

    Yesus adalah anak Allah yang tunggal TIDAK ADA NABI setelahNya, alias Nabi palsu, karena Nabi palsu itu telah difirmankan dalam Alkitab, sehingga Nabi-Nabi PALSU akan menceritakan (bukan berfirman) cerita palsu dan mengaburkan Alkitab agar kita lebih percaya pada KEPALSUAN, tapi YESUS hidup sebelum NABI-NABI PALSU tersebut untuk menebus dosa orang-orang yang percaya padaNya, tidak ada jalan Keselamatan selain melalui AKU (firman Yesus) bukan Isa AS………….
    Puji Tuhan, Emmanuel.

  8. constan said,

    ap perkataan yesus diatas kayub salib. apa art Aku haus.

    • Emmanuel said,

      “perkara-perkara yang kecil saja engkau tidak memahaminya,apalagi perkara-perkara yang besar”

  9. Berutu Rizne said,

    Aq sangat percaya bahwa Tuhan Yesus mati di kayu salib untuk menggantikan posisi yang seharusnya kita yang merasakannya !!! Terpujilah Tuhan Yesus….Haleluya 12 X

  10. Emmanuel said,

    “pada orang mati,darah akan membeku dan tidak bisa keluar dari tubuh”

    anda bisa membedakan orang yang baru saja meninggal dalam hitungan jam dan orang yang sudah meninggal dalam hitungan hari?
    kalau teorinya seperti yang anda sebutkan tentunya orang2 korban kecelakaan tidak akan mengeluarkan darah,bukan begitu?
    Kematian Yesus secara ilmu kedokteran terjadi karena pendarahan disekujur tubuhnya karena siksaan tentara romawi,dan darah yang tercurah dari lambungNya adalah sisa2 darah dalam tubuhNya setelah kematiannya beberapa saat di kayu salib.

  11. Bee Canouzh said,

    tak ada 1 haL pun yg dpt mmbuat sya menyangkaLi YESUS sbgai Tuhan, Bapa,Raja , & JurusLamatku ….!!!!!

Comments are closed.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 53 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: