ARTI SALIB YANG SEBENARNYA (BAGIAN I)

September 18, 2010 at 4:33 pm (Keselamatan) (, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , )

Arti salib yang sebenarnya (Bagian I)


Yesus Kristus mati di kayu salib yang hina untuk keselamatan kita. Kita tidak menyembah salib, kita menyembah Kristus, yang hidup. Di antara semua lambang yang ada di dunia, salib penuh dengan hal yang mengagumkan dan mengherankan. Sejarah salib jauh sudah ada sebelum Kristus datang. Bangsa Romawi yang menggunakannya untuk mengeksekusi orang.

Korban terpasang di salib dengan tali, atau tangannya dipaku, dan ia dibiarkan mati. Bahkan korban disiksa secara alami dengan panas matahari, atau tubuhnya ditarik,  sebelum disalibkan, kadang-kadang membutuhkan waktu seminggu untuk mati di kayu salib. Ini adalah salah satu cara yang paling mengerikan, menyakitkan untuk mati.

Allah mengasihi kita semua. Kasih-Nya meluas … ke seluruh dunia

Namun, orang Kristen mulai menggunakan salib sebagai simbol agama Kristen. Dan setiap kali Injil diberitakan, orang-orang yang mendengar kabar itu dan menerima Kristus sebagai Juruselamat datang kepada iman dengan jalan salib. Empat hal terlintas dalam pikiran kita.

Pertama, kita berpikir tentang luasnya salib. Kasih Kristus diwujudkan di salib untuk semua orang. Ketika kita mempelajari betapa cepatnya populasi dunia meningkat, kita akan sangat heran. Namun Allah mengasihi kita semua. kasih-Nya meluas ke Afrika, ke Asia, ke Amerika, ke Rusia, ke Cina, ke seluruh dunia. Ini termasuk Anda, siapapun Anda, apa pun agama Anda, bahkan jika Anda tidak memiliki agama. Tuhan berkata dari salib, “Aku cinta kamu”.

Lalu seberapa panjangkah salib ?, salib tidak memiliki ukuran. Memanjang dari kekal sampai kekal, dari selamanya ke selamanya. Ketika Nuh membangun bahtera,  bahtera itu memiliki ukuran 450 meter panjangnya. Ketika Salomo membangun Bait Allah, dia megukur 60 hasta panjangnya. Jika Anda membangun gudang untuk alat berkebun, Anda dapat mengukur kayu dengan meteran. Tapi bagaimana Anda bisa mengukur cinta Tuhan bagi kita di kayu salib?

Alkitab mengatakan bahwa kasih Tuhan melebihi pengetahuan

Alkitab mengatakan bahwa kasih Tuhan melebihi pengetahuan (Efesus 3:19). Tidak ada cara bahwa pikiran kita yang terbatas dapat memahami kasih Allah bagi kita ketika Dia memberikan Anak-Nya di kayu salib untuk mati bagi kita, karena Anda dan saya pantas mati. Kita pantas untuk diadili dan masuk ke neraka.

Lalu kita memikirkan puncak-salib – salib meluas sampai ke tahta Tuhan. Tidak peduli seberapa tinggi surga itu. Melalui salib, Tuhan menarik semua orang kepada-Nya. Tapi Anda harus membuat keputusan tentang Yesus Kristus.

Dan mari kita berpikir tentang kedalaman cinta Tuhan bagi kita di kayu salib. Anda dapat jatuh ke dalam lubang dosa dan degradasi. Anda dapat hidup seperti binatang. Anda dapat menjadi seorang pembunuh, pemerkosa. Tapi Anda tetap tidak bisa membatasi kasih Allah.
Salib penutup pintu gerbang neraka. Seberapa dalam cinta Allah? Alkitab mengatakan, “O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah ! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusanNya dan sungguh tak terselami jalan-jalanNya!” (Roma 11:33). Kasih dan hikmat Tuhan mampu menarik setiap orang berdosa sampai dengan ketinggian Surga. Yesus berkata, “Dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepadaKu” (Yohanes 12:32). Pikirkan salib sejenak. Pikirkan penderitaan Kristus bagi Anda dan bagi saya. Dikatakan bahwa Yesus mengalami lima macam luka:
Luka di kepala, ketika mereka menyiksa Dia di kepala, luka ketika mereka menghajar punggungNya,  menghajar dengan menggunakan cambuk kulit dengan pelet baja di ujung dan memukul-Nya sampai Dia berdarah dari kepala sampai kaki, ketika mereka memaksakan memasang mahkota duri pada dahiNya; ketika mereka menancapkan paku pada tangan dan kaki, dan sayatan, ketika mereka menusukkan tombak di lambungNya.

Bersambung ke http://penuai.wordpress.com/2010/09/18/arti-salib-yang-sebenarnya-bagian-ii/

About these ads

9 Komentar

  1. curie said,

    thx LORD JESUS

  2. Yohan said,

    TERIMA KASIH TUHAN YESUS

  3. bambang said,

    TERINA KASIH YESUS KINI KU MENGRTI ARTI SEBENARNYA PENGORBANANMU

  4. Fanroy Wandani said,

    YESUS begitu BESAR KASIH & PENGURBANAN engaku terhadap kami hamba2mu ini,yesus hanya satu permohonanku terhadap engkau YESUS tuhan JURUSELAMAT KRISTUS aku berharap yesus engkau dapat menyadarkan kami hamba2mu yg belum sadar benar akan KASIH,PENGURBANAN,& KEMULIAANMU yg TAK TERHINGGA,TAK TERBATAS & BEGITU BESAR didalam hati kami hamba2mu ini,YESUS kiranya engkau sungguh2 dapat memberi permohonan aku ini yg dapat memberi perubahan bagi hamba2mu kristus yg belum percaya akan kemuliaan engkau… :)

    sorak-soraii bagi kita untuk dia YESUS jurselamat KRISTUS TUHAN kita puji2lah sekarang sampai selama2nya…puji tuhan…haleluya..AMIN

  5. Stephanie van lamort said,

    I LOVE YOU JESUS

  6. Ian said,

    Terima kasih Yesus

  7. Ricky said,

    TUHAN YESUS, AKU CINTA KAMU!!!
    tanpa ENGKAU aku tidak akan hidup seperti sekarang ini.
    terima kasih TUHAN YESUS…….

  8. pendi said,

    Salib adalh puncak kemenangan Kristus dan puncak kekalahan setan

    • isa said,

      hehehe salib yg betul lambang tuhan terkutuk, kok bisa2nya domba2 pd seneng pny tuhan terkutuk?? otak di pantat kalee??

      Kitab Ulangan:

      21:22 “Apabila seseorang berbuat dosa yang sepadan dengan hukuman mati, lalu ia dihukum mati, kemudian kaugantung dia pada sebuah tiang,
      21:23 maka janganlah mayatnya dibiarkan semalam-malaman pada tiang itu, tetapi haruslah engkau menguburkan dia pada hari itu juga, sebab seorang yang digantung terkutuk oleh Allah; janganlah engkau menajiskan tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu.”

      Kitab Galatia:

      3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

      noh buktinya PL & PB aja ada ayatnya.

      Gitu aza repot

Comments are closed.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: