BENANG MERAH ALKITAB

BENANG MERAH ALKITAB
Dari Kekal Sampai Kekal

Prakata

Kalau anda pergi melancong atau pesiar kesuatu daerah yang belum pernah dikunjungi, satu hal yang anda lakukan ialah berusaha meninjau lokasinya dengan pertolongan sebuah peta atau dengan tour guide (pengantar) yang paham akan daerah yang akan dilihat. Peta anda akan merekomendasi tempat yang perlu didatangi dan bagaimana caranya agar sampai kesitu. Pengantar tour dapat menjelaskan lebih rinci kalau anda pergi bersamanya.

Sama seperti orang membutuhkan peta untuk berpergian ke tempat yang belum diketahui, demikian juga orang yang telah ditebus membutuhkan petunjuk dan bimbingan dari Alkitab dalam menapaki hidup di bumi ini. Melihat peta Alkitab seumpama melakukan survey isi garis besar keseluruhan Kitab Suci, semacam penuntun akan pengenalan ichtisar Alkitab yang merupakan pendidikan tersendiri, bagi pelancong dan musafir diatas planet bumi ini, karena pengarang utama-Nya mengetahui betul liku liku jalan kehidupan, daerah-daerah gersang dan yang berpadang rumput hijau.

Kebenaran kebenaran isi Kitab suci seumpama bongkah-bongkah emas didalam tanah yang harus digali dengan tekun. Di dalamnya tersembunyi keindahan yang tidak ada taranya, tentang asal manusia, dari penciptaan langit dan bumi sampai pengakhirannya. Asal muasalnya pemberontakan di kekalan masa lampau serta pertarungan antara kuasa gelap melawan kuasa terang berikut kesudahannya.

Sekilas pandang dapat diketahui darimana manusia itu ‘datang’, apa maksud perjalanan dan makna hidupnya, dan setelah mati kemana ? Informasi penting ini, yang mengatur arah haluan perjalanan kehidupan umat manusia dipaparkan secara apa adanya. Semua ini dapat diketahui dan diselidiki tanpa uang walaupun perlu memeras ‘otak’ agar mendapatkan pengertian yang hakiki dari Alkitab itu sendiri.
Dengan tujuan itulah tulisan ini dibuat sebagai ‘salah satu’ penuntun kepada penelitian dan pengenalan Kitab Suci agar setiap insani menemukan sendiri kebenaran kebenaran mutlak sebagai pegangan kekehidupan yang kekal.

Dengan kata lain benang merah Alkitab ini dibuat agar memudahkan kaum awam memahami akan intisari, maksud dan tujuan isi Alkitab.
Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang. (Maz 39:9).

Ichtisar Benang Merah

Sejarah umat manusia dapat dibagi dalam tujuh era penyelenggaraan atau zaman pengelolaan yaitu;

  1. Era Bebas Dosa – Pengadaan Adam dan Hawa (nenek moyang manusia) ditaman Eden sampai jatuh dalam dosa.
  2. Era Hati Nurani – Dari Taman Eden sampai Air Bah Nuh
  3. Era Demokrasi – Dari Air Bah Nuh sampai Menara Babel
  4. Era Janji Keluarga – Dari Abram yang dipanggil keluar sampai keluarnya umat Israel dari Mesir
  5. Era Hukum Taurat – Dari Keluaran sampai kepada Kristus, yang mati disalib, dikubur dan bangkit lagi.
  6. Era Kasih Karunia – Era ekklesia (dipanggil keluar) dari Pentakosta sampai Pengangkatan dan Masa Sisipan
  7. Era Millenium – Dari kedatangan Kristus yang kedua sampai Langit baru dan Bumi baru.

Walaupun karakter dari sang Pencipta, hakekat penciptaan dan tujuan penebusan tidak berubah, namun caranya Dia berinteraksi dengan mahluk ciptaanNya dalam setiap era berbeda beda.

Iklan

2 thoughts on “BENANG MERAH ALKITAB

  1. kita buktikan Islam BENAR berkata:

    hati2

Komentar ditutup.