Konseling Dunia Roh

Pak Daud saya ingin bertanya mengenai kuasa sumpah. Saya tahu, bahwa menurut alkitab kita tidak boleh bersumpah atas apapun terutama atas langit dan bumi karena langit adalah that Allah dan bumi adalah tumpuan kaki-Nya. Tetapi dulu ketika saya masih kelas 3 SMP (saat itu saya masih beragama dewa-dewi), saya pernah mengikrarkan sumpah sebelum saya mempunyai pekerjaan dan sukses, maka saya tidak mau pacaran.

Pertanyaan saya adalah apakah sumpah ini adalah dosa ? Jika ini dosa, apakah di dunia lain, terjadi sesuatu ikatan atau mungkin kutuk yang terjadi kepada saya akibat sumpah ini ?

Jawab :

Kalau soal menyangkut hubungan berhala, dengan okultisme, dalam nama Yesus semua sumpah, kutk, perjanjian dengan setan dibatalkan. Tapi niat anda tidak relevansi dengan okultisme’kan ? Sebetulnya anda Cuma bertekad Cuma pake sumpah segala biar mantap. Ya, sudah. Mulai sekarang tekad ya tekad, tidak perlu pakai sumpah segala kayak film silat. Beres’kan ?

Lagipula tekad untuk baru berpacaran setelah memiliki pekerjaan, itu bukan tekad yang buruk. Kalau bersumpah membalas dendam nah itu baru repot. Harus dibatalkan dalam nama Yesus.

Pak Daud saya ingin tahu mengenai gejala merinding. Saya ingin bertanya mengapa kadang-kadang ketika saya berbicara dengan semangat kepad teman atau siapapun mengenai Firman Tuhan atau mendengar lagu puji-pujian, saya merinding sendiri ? Dan ketika merasa dingin atau berbicara tentang iblis atau hantu saya juga bisa merinding ?  Di mana perbedaan merinding pada kedua kasus tersebut ?

Jawab :

Secara spiritual, gejala “merinding” adalah salah satu tanda kehadiran kuasa yang tidak kelihatan. Entah itu kuasa Tuhan atau kuasa setan. Entah itu pernyataan malaikat atau roh jahat. Tapi kalau kena air dingin sekali, juga bisa merinding, betul saudara ? Jadi sebenarnya apa yang anda ucapkanlah yang bisa menentukan hadirat mana yang memenuhi udara, hadirat Tuhan atau hadirat setan, meskipun gejala merinding-merindingnya sama.

Dengan kata lain yang harus diperhatikan bukan gejala merindingnya, tetapi kuasa apa yang keluar dari mulut anda.

Pak Daud saya ingin belajar berpuasa. Tetapi saya kepingin tahu apakah “kuasa” dari puasa ? Mengapa di Injil dikatakan juga pentingnya puasa ? Apalagi Yesus juga berpuasa selama 40 hari 40 malam. Apakah terjadi sesuatu di alam yang lain ketika kita berpuasa ?

Jawab :

Banyak manfaat dari puasa. Baik dari segi kesehatan maupun spiritual. Dari segi kesehatan misalnya seperti diet. Tapi dokter tentunya lebih bisa menjawab dari segi ini. Saya menjawab dari segi spiritual saja, yaitu puasa adalah sarana untuk melemahkan daging, sehingga roh yang selama ini sering dihambat oleh daging, bisa lebih leluasa bekerja.

Tapi syaratnya berpuasanya bukan sekedar menunda makan. Lalu ketika waktunya berbuka kayak orang pedalaman, makan sebuas-buasnya. Itu tidak berguna. Puasa bukan sarana menahan diri untuk tidak makan. Puasa adalah sarana untuk menguatkan roh anda dari kedagingan.