Konseling Dunia Roh

Pak Daud. Pada hari ulang tahun saya diajak ayah saya ke Bali. Di sana saya mendengar suara Roh Kudus. “Di Bali nanti adalah peperanganmu yang pertama.” Saya tidak begitu mengerti apa yang harus saya lakukan. Saya berharap setelah hari ulang tahun saya, semua masalah saya terlepaskan. Kadang-kadang saya bingung tentang suara hati, apakah itu berasal dari Roh Kudus atau dari diri sendiri, atau dari setan ?

Jawab :

Selama kita hidup, masalah akan selalu ada. Tuhan Yesus tidak menjanjikan kita terlepas dari masalah, tapi Ia memberi contoh mengalahkan masalah dan memberikan anda tenaga dan kuasa untuk mengalahkan masalah di dalam namaNya. Yang penting adalah bagaimana memanfaatkan sebaik-baiknya jalan yang sudah dibuka Tuhan.

Satu pertanyaan yang penting adalah: sudahkah anda melakukan renungan setiap hari? Ini cara terbaik untuk mengenal dan membedakan suara Gembala dari suara hati apalagi dari suara setan. Yesus berkata, “Domba-dombaKu mengenal suaraKu.” Mohon melakukan renngan setiap hari. Jangan mengandalkan suara hati terus karena nanti anda bingung sendiri. Andalkan kebenaran dalam Firman Tuhan.

Apakah manfaat dari berpuasa? Dan apakah berpuasa itu hanya tidakn makan dan minum ?

Jawab :

Banyak sekali segi spiritual puasa. Tapi buat saya puasa adalah cara untuk melemahkan daging (keinginan daging, hawa nafsu) dan untuk memberikan kesempatan kepada roh anda untuk berhubungan lebih lagi dengan Tuhan.

Karena biasanya yang menghalangi keinginan roh (lapar dan haus akan Firman Tuhan, bersekutu, bersaat teduh, memuji dan menyembah, berperang rohani, kekudussan, ketulusan dan sebagainya) adalah keinginan daging (kemalsan , hawa nafsu, kebiasaan buruk, manja , hedonisme, materialisme, konsumerisme, penipuan, kejahatan dan sebagainya).