MAU MASUK SURGA? TANPA YESUS, MUSTAHIL

Pemahaman ini bukan sekedar tekanan ajaran kristen, akan tetapi, inilah kebenaran yang berasal dari Allah. Dari mana kita hendak mengenal Allah? Jawabnya, dari sejauh mana Allah memperkenalkan diri-Nya kepada manusia. Dengan tegas Alkitab mengatakan kebenaran seperti ini, bahwa tidak ada seorangpun yang mencari Allah, mengapa? Karena manusia berada dalam posisi dosa sedangkan Allah maha suci. Itu artinya, manusia tidak bisa mendekati Allah karena dibatasi jurang yang sangat lebar. Siapapun yang berdosa coba mendekati Allah yang Maha suci pasti binasa. Jadi keselamatan yang dikenal dalam ajaran kristen adalah, Allah yang datang dan mencari manusia untuk diselamatkan bukan manusia yang datang kepada Allah. Keselamatan itu sesungguhnya anugerah yang Allah berikan secara cuma-cuma , “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu; jangan ada orang yang memegahkan diri” (Efesus 2: 8-10).

Dengan kata lain, keselamatan seseorang untuk dapat masuk surga tidak terletak dari usaha-usaha agamanya orang itu. Biarpun ia rajin sembahyang tiap waktu, rajin membersihkan dirinya dari kejahatan, rajin memberikan korban, bahkan rajin mengamalkan ajaran-ajaran agamanya, itupun tidak akan membuat dirinya masuk surga. Orang boleh saja mengatakan setiap agama pada dasarnya sama, yakni, kalau dijalani dengan taat pasti ujung-ujungnya masuk surga juga. Justru inilah kesesatan yang paling besar dalam dunia hingga saat ini. Sesungguhnya hidup saleh tanpa Yesus itu bukan hidup saleh, tapi kesalehan yang semu. Hidup suci tanpa Yesus, maka itupun kesucian yang semu, bahkan pengorbanan yang tanpa Yesus adalah pengorbanan yang sia-sia belaka.

Orang kristen pun dalam hal ini, patut menyadari bahwa agama kristen saja tidak cukup. Dalam Alkitab diajarkan, bahwa yang disebut percaya kepada Tuhan Yesus adalah percaya yang menyambut Roh Kudus, menyambut Yesus Kristus masuk dan menguasai hidupnya. Untuk menyatakan ia memperoleh apa yang ditentukan oleh Allah dalam keselamatan, maka yang bersangkutan akan mengalami kepenuhan Roh Allah, atau baptisan Roh Allah yang sekali untuk selama-lamanya.Apalah artinya menjadi kristen yang sudah dipeluknya sejak turun menurun, jikalau kekeristenan itu tidak menyambut Yesus mengubah hidup jadi ciptaaan baru?

Bagi mereka yang tidak mau percaya kepada Yesus, dengan mengatakan bahwa agamanya yang paling benar, tidak akan pernah berani berkata; “Kalau hari ini saya mati pasti masuk surga!” Mengapa?
Karena ia tidak pernah menemukan ajaran yang pasti tentang keselamatan dalam hidup yang kekal bersama Allah di surga. Perhatikan saja isi doa yang kerap menyebut, “Semoga..” Atau “Mudah-mudahan..”
Bukankah doa-doa yang demikian menunjukkan betapa keyakinan untuk selamat sebetulnya tipis sekali? Kalaupun yakin ibaratnya sedang bertaruh fifty-fifty, bisa selamat bisa juga tidak selamat. Kalau lebih jauh dihayati perjalanan seseorang atau umat yang beragama, ya, sambil sembahyang merusak juga, menteror juga atau menganiaya juga, bisa dipastikan ketika orang tersebut diperhadapkan dengan pertanyaan, “Kalau mati sekarang yakin masuk surga?”, maka bisa diyakini 1000 persen, orang tersebut tak akan berani menyebut, “Ya, saya yakin hari ini mati, hari ini juga pasti masuk surga!”
Kalaupun ia berani mengatakan hal seperti itu, ia malah sedang membohongi dan menipu diri sendiri. Boleh periksa di kitab suci manapun, adakah yang bisa menyamakan apa yang dikatakan Tuhan Yesus, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yohanes 14:6).

Sejujurnya tidak ada kitab suci manapun yang bisa menjamin seseorang masuk surga seperti yang dinyatakan Yesus dalam ayat tersebut. Apalagi kalau lebih meneliti pandangan agama-agama yang lain, di sana akan dijumpai para pemimpin agamanya yang sebelum meninggal dunia mohon didoakan oleh umatnya agar dirinya (si pemimpin) itu bisa selamat dan masuk surga. Pertanyaan berikutnya adalah, “mengapa ada pemimpin agama ketika mau meninggal minta didoakan oleh umatnya agar selamat?”
Bukankah hal itu menunjuk kepada pemahaman bahwa si pemimpin agama tersebut tidak yakin dirinya akan masuk surga? Bukankah suatu kesia-siaan jika sudah melakukan segala hukum agama secara teratur namun tidak juga selamat. Ajaran Alkitab sendiri mengajarkan, “…sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan” (2 Korintus 3:6b)
Apa artinya ayat ini? Ayat ini menegaskan bahwa, huruf-huruf dalam kitab suci (alkitab) memang menuntun manusia untuk bertemu dengan Tuhan sekaligus mengajar jalan-jalan ketetapan hukum Tuhan yang patut dilakukan manusia, namun itu semua jadi sia-sia jika Roh Allah sendiri tidak ada dalam hidup manusia. Di kalangan kristen pun tidak sedikit yang melakukan kewajiban agamanya hanya melalui pemahaman apa yang tertulis (hurufiah). Apa yang dibaca itu pula yang dilakukan. Sekalipun itu kelak menjadi tuntunan namun Alkitab dengan jelas mengatakan, kalau cuma huruf maka itu akan mematikan!

7 thoughts on “MAU MASUK SURGA? TANPA YESUS, MUSTAHIL

  1. jo berkata:

    Ahli neraka ko ngomongin surga..
    Nabi yg lain aja yg menjanjikan surga..
    Oh iya.. Nabi kan manusia jg..
    Tp derajatnya lebih tinggi di mata Tuhan..
    Yg lebih tinggi lagi?
    Yah yg Maha Esa..
    Siapa?
    Allah SWT…
    Bearti yg nentuin?
    Ya Allah dong…
    Kan Tuhan yg Maha Esa…
    Yg meerunkan nabi2, untuk membimbing manusia,
    Melakukan kebenaran2 ajaran Allah, supaya masuk surga Allah SWT…
    @penuai: yahh.. Ribet dong.. Nabi kan banyak, apalagi ajarannya..
    Capek… Yg instant aja.. Pokoknya ga pake cing cong, modal percaya aja lgsg masuk sorga bisa ga..
    @gw: hahahaha… Gitu yahh.. Enak dong..
    Habis judi, bunuh, perkosa, mabuk, tp percaya masuk sorga..
    @penuai: gpp… Biar kesannya ga ribet ma plin plan…
    @gw: hahahahaha berak aja lo di celana… Enak amat lo jd manusia?
    Kebanyakan cepirit sih.. Wudhu sono.. Tobat…
    Ups! Udah booking neraka jahanam yahh..
    Selamat!

    • penuai berkata:

      Jawaban Mas Johan terlalu dipaksa-paksakan supaya Kristen tetap dan harus selalu salah.
      Saya sendiri sempat heran dan bingung dengan pendapat Mas Jo terhadap ajaran Kristen, sebab…selama saya jadi pengikut Kristus, saya tidak pernah mendengar bahwa ajaran Kristus yang seperti ini. Baru dengar, itupun dari mas Johan.

      Bingung dechhh, saya ndak pernah dengar klo keselamatan dalam Kristen diperoleh dengan cara Instan. Baru dengar sekarang dari Mas Jo…
      Habis judi, bunuh, perkosa, mabuk, tp percaya masuk sorga..
      Wahhh…ada ajaran yang seperti itu yachh, baru tahu saya….selama saya jadi Kristen ndak ada yang seperti itu.
      Ada juga yang mirip-mirip seperti itu, pernah saya dengar…klo membunuh/bunuh diri atas nama TUHAN bisa langsung masuk surga…tapi setahu sayapun itu bukan dari Kristen.

      Makasih banyak buat komentarnya Mas Jo…
      GBU

  2. jo berkata:

    Lha katanya pointnya harus yakin ma yesus pasti selamat..
    Yah berarti mau ngapa2ain, tp percaya ma yesus, pasti selamat dong..
    Enak kann?? Diselametin manusia..?
    Selamat yahh..

    • penuai berkata:

      Yah berarti mau ngapa2ain, tp percaya ma yesus, pasti selamat dong..
      Sebenarnya jawaban dari pertanyaan Mas Jo sudah ada di artikel-artikel pada blog ini. Tapi Mas Jo, ngotot bahwa pengertian diselamatkan dalan TUHAN Yesus haruslah seperti yang ada di dalam pikirannya. Nahh, looo…???, jadi saya harus gimana lagi, saya kan ndak bisa ngontrol pikiran si Mas Jo harus harus sama dengan apa yang saya pikirkan. Kalau saya jawab secara serius, pasti ditanggapi dengan ejekan, kalau ndak dijawab dengan serius dibilang ngeles.

      Dari cara Mas Jo memberikan komentarpun saya tahu bahwa sebenarnya Mas JO bukan mau bertanya, tetapi sebenarnya mau mengejek. Nahh…jawaban saya buat Mas Jo simpel saja. Kalau memang anda tidak percaya, ya sudah…..ndak usah percaya…anda tidak pernah dipaksa untuk percaya.
      Anda mau percaya Yesus itu TUHAN ??, silahkan, TUHAN Yesus ndak untung..
      Anda tidak percaya yesus itu TUHAN ??, silahkan juga, TUHAN Yesus juga ndak rugi.
      Gitu aja kok repottt….???!!!!!

  3. SCAT berkata:

    Ya Allah Swt, Tuhankuu… mengapa dunia ini masih banyak berisi orang2 seperti ini? membenci, mencaci, menyakiti. Berkahi Indonesis ini dengan kabaikan untuk kesejahteraan rakyat semesta… Aamiin…

  4. caty delza berkata:

    saya percaya melalui iman pada Yesus saya bs masuk surga………….biar kata agama lain bilang kristen it bohong,saya percaya injil & perkataan Yesus it benar…

  5. Edward Jacob berkata:

    @ Jo = Memang Betul Kita harus Percaya sama Tuhan dalam melakukan semua perbuatan tapi!! Perbuatan yang gimana dulu, bukan asal perbuatan seperti yang anda bilang tapi, Perbuatan yang Mulia

Komentar ditutup.