YESUS ITU ILAHI ?

YESUS  ITU  ILAHI ?

Orang Islam menerima Yesus sebagai seorang yang baik dan bermartabat tinggi tetapi menolak keilahianNya. Mereka mengatakan bahwa merekalah satu-satunya golongan manusia yang memberi penghormatan yang sesuai kepada Yesus; tidak seperti orang Yahudi yang mengatakan Yesus adalah anak luar nikah Maria atau seperti orang Kristen yang memuji dan memuliakan Yesus sebagai Allah. Bagi mereka kelakuan seperti ini tidak seharusnya dibuat dan merupakan satu penghinaan kepada Yesus.

“Akulah Allah”

Salah satu kritikan yang coba ditonjolkan oleh orang Islam untuk menyangkal keilahian Yesus berbunyi begini:

Di dalam seluruh Alkitab, Yesus tidak pernah berkata, “Akulah Allah”, atau, “Sembahlah saya.”

Kalau kita berharap untuk melihat kenyataan di atas dalam Alkitab, memang kita akan kecewa. Memang benar tidak ada catatan dalam Alkitab di mana Yesus secara terus-terang memberitakan keilahianNya. Yesus tidak pernah berbuat demikian, menyebarkan kepada umum identitas dan kedudukanNya yang sebenarnya.

Ketika Yesus memulai pelayananNya, Dia berkata bahwa Dia adalah hamba yang datang “bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” (Markus 10:45). Yesus telah merendahkan diriNya sebagai manusia supaya Dia dapat melayani mereka. Ini bukan sesuatu yang mustahil. Hal seperti ini terjadi dan berlaku di sekeliling kita. Apabila Presiden kita menyingsingkan lengan bajunya dan turun ke sawah untuk menuai padi yang sudah masak, membuktikan dia berjiwa rakyat, dia tetaplah Presiden kita. Walaupun dia untuk sementara waktu telah turun ke tempat seorang petani, kedudukannya sebagai pemimpin negara tidak pernah berubah.Kita perlu memahami hakikat ini terlebih dahulu, jika kita mau memahami alasan mengapa Yesus tidak pernah berkata ‘Aku Allah’ secara terbuka.Pelayanan dan pernyataan Yesus berdasarkan tujuanNya datang ke dunia dan bukan untuk menunjukkan identitas pribadiNya. Kalau begitu, adakah Yesus akan menyatakan keilahianNya secara terbuka setelah Dia memilih kehidupan sebagai hamba dengan penuh kerendahan hati?

Saya rasa tidak! Tambahan pula, bolehkah Yesus melayani orang yang sakit, berdosa, miskin, tanpa harapan dan memikul beban yang berat jika Dia mengutamakan pernyataan identitas yang sebenarnya? Jelas jawabannya tidak! Itulah sebabnya Yesus sering melarang orang mengheboh-hebohkan identitasNya yang ilahi.

Dia menyembuhkan semua orang sakit, dan melarang mereka memberitahu orang lain tentang siapa Dia. (Matius 12:15,16).

Yesus, walaupun memiliki sifat Allah, tidak memilih untuk menyatakan aspek tersebut tetapi sebaliknya dia mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama seperti manusia. Kalau ini sengaja dilakukan Yesus, maka tidak masuk akallah jika Dia mengumumkan keilahianNya karena hal itu tidak sejalan dengan maksud Dia menjelma di dunia.

Yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. (Filipi 2:6,7).

Iklan

11 thoughts on “YESUS ITU ILAHI ?

  1. belinda berkata:

    Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Yohanes 13:13
    Jesus is God ?

    • penuai berkata:

      Kalau Tuhan bisa berbicara kepada Abraham, maka saya juga percaya Dia bisa berbicara kepada kita semuanya asal kita mau mencari kebenaran seperti Abraham juga…..Bukankah begitu saudari Belinda. Silahkanlah mencari siapa Yesus selagi Dia berkenan untuk dicari, sebab Tuhan Yesus pernah berjanji bahwa siapa yang betul-betul mencari Dia, pasti akan mendapatkanNya.

      Tuhan itu hidup dan sampai sekarang masih berbicara kepada manusia.

  2. Angga Christian Yonathan berkata:

    ALELUIAAA…

    AMIENNN…

  3. eddyharry berkata:

    percayalah kepada Yesus sebagai juruslamat dunia, “AKULAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP, TIDAK SEORANGPUN DATANG KEPADA BAPA (ALLAH) KECUALI MELALUI AKU (YESUS) bertobatlah hai mereka yang belum percaya kpd Yesus sebagai satu2nya juruslamat kita…….

  4. Rangga berkata:

    GOD BLES U ALL..

  5. terzier berkata:

    bookmark dulu ya

    btw, thanks for sharenya 🙂

  6. penuai berkata:

    Terimakasih sudah berkunjung saudara,….
    Yohanes 14:6 Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku
    Pemahaman anda terhadap ayat ini sangat terlalu dangkal sekali saudara, mari kita lihat kembali ayat diatas.
    Akulah jalan = siapakah jalan itu ? satu-satunya jalan adalah TUHAN sendiri, jelas sekali Yesus adalah TUHAN karena Dia adalah jalan satu-satunya”
    Akulah kebenaran = siapakah kebenaran itu ? saya rasa kita semua setuju bahwa satu-satunya kebenaran di dunia ini adalah TUHAN sendiri, jadi Yesus adalah TUHAN itu sendiri karena Dialah kebenaran itu”
    Akulah hidup = siapakah sumber hidup ? semuanya setuju abhwa sumber hidup satu-satunya adalah TUHAN sendiri, jadi Yesus adalah TUHAN karena Dia juga adalah sumber hidup.”
    Tidak seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku = Betul sekali, tanpa Yesus anda tidak akan pernah mengenal TUHAN karena Yesus sendiri adalah TUHAN. kalau anda mengaku mengenal tuhan tanpa melalui Yesus maka itu bukanlah TUHAN tetapi tuhan.”

    jalan tidak bisa menjadi tujuan. jalan hanya untuk di lalui
    Kontradiksi sekali sobat, justru untuk mencapai tujuan anda haruslah melalui jalan.

    Terimakasih sudah berkunjung. 🙂

  7. penuai berkata:

    Yesus memang pengantara, tetapi BUKAN SEKEDAR PENGANTARA, tetapi Yesus adalah ALLAH dan TUHAN sendiri. Sebab tidak ada yang layak menjadi pengantara antara TUHAN dan manusia. Satu-satunya yang layak untuk menjadi pengantara antara TUHAN dan manusia adalah TUHAN sendiri. Jadi Yesus adalah TUHAN dan Pengantara bagi manusia. Thanx sobat.

  8. Aisya Aminih berkata:

    Betul, jangan diladeni orang syaraf itu, apapun yang kita sampaikan tetap disalah artikan.

  9. SISUS ATAU SUSIS berkata:

    Alaylohyaaaaaa … Keep smiley 😛

Komentar ditutup.