Prioritaskan Kerajaan Allah dan Kebenarannya

kingdavid_1

Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia (Roma 14:17-18)

Siapa yang terkenal berkenan pada Allah dan dihormti manusia ? Tentu saja..Raja Daud. Tuhan sendiri telah berkata mengenai Daud : “Aku telah mendapatkan Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku”.(Kisah Para Rasul 13:22)

Daud berkenan di hadapan Allah dan juga manusia. Bahkan pada tahun 1996 yang lalu, di Israel diadakan perayaan ulang tahun Daud yang ke 3000. Apa yang dikerjakan Daud sehingga ia berkenan kepada Allah dan dihormati manusia ?

1. Daud tidak pernah menyalahkan orang lain dan cepat bertobat dari kesalahannya. Ketika mau dihukum oleh Tuhan melalui nabi-Nya, ia tidak pernah menyalahkan orang lain. Ada contoh lain di Alkitab, misalnya Saul, ketika ditegur ia malah menyalahkan orang lain. Tetapi Daud tidak pernah seperti itu, sebab kalau ia dinyatakan bersalah, maka ia langsung mengakuinya dan segera minta ampun.

2. Daud begitu menghormati otoritas orang yang berada di atasnya. Daud itu luar biasa, bagaimana sikapnya kepada orang yang diatasnya yang berkali-kali mau membunuhnya. Daud mendapat kesempatan untuk membunuh Saul, tetapi Daud menolaknya sebab ia berkata,”Aku tidak mau menjamah orang yang diurapi Tuhan! Kalau mau dihukum, biarlah tangan Tuhan saja yang menghukum!” demikianlah Daud tidak mau menjamah orang-orang yang berada di atasnya. (I Samuel 24:7)

3. Daud percaya bahwa Tuhan sanggup mengubah kutukan menjadi berkat baginya. Simei, seorang bawahan Daud memaki-maki Daud ketika Daud lari dari anaknya Absalom. Mendengar makian Simei itu, Abisai (pegawai Daud) berkata kepada Daud : “Bagaimana tuanku, apakah ditebas saja batang lehernya?” tetapi di sini justru Daud memarahinya dan berkata, “Jangan lakukan itu, siapa tahu memang Tuhan yang menyuruh dia memaki-maki aku? Dia memaki-maki aku, tetapi anakku saja mau membunuh aku. Tetapi sebagai ganti aku dimaki-maki olehnya biarlah aku diberkati oleh Tuhan ” (II Samuel 16:5-12).

4. Daud adalah orang yang sangat mengasihi Tuhan. Yang paling luar biasa adalah Daud adalah orang yang sangat mengasihi Tuhan. Ia adalah seorang pemuji dan pemazmur. Daud suka bercakap-cakap dengan Tuhan. Kitab Mazmur yang berjumlah 150 pasal itu, 73 pasal diantaranya ditulis oleh Daud.
Dialah yang dipercaya Tuhan untuk membawa pola surgawi dalam doa, pujian, dan penyembahan yang dilakukan di bumi. Salah satu Mazmur yang paling indah adalah Mazmur 103:1-2 yang berkata : “Dari Daud, Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! “

Mazmur 103:3-5 : “Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat, Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.

Apa yang spesial dari burung rajawali ? Burung rajawali dapat mencapai umur 70 tahun. Tetapi untuk bisa mencapai umur 70 tahun itu merupakan suatu pilihan. Karena pada umur 40 tahun, burung rajawali sebenarnya sudah tua, dengan ciri-ciri :
1. Paruhnya bengkok sampai lehernya. Sehingga sulit untuk mematuk makanannya.
2. Kuku-kukunya sudah tumpul, sulit untuk mencengkeram mangsa seperti tikus dan kelinci.
3. Bulu-bulunya tebal sekali, sulit untuk terbang tinggi dan mengatasi badai.

So, apa yang harus dilakukan rajawali itu ? Ini adalah pilihan. Kalau ia mau mencapai umur 70 tahun, ia harus naik ke gunung yang tinggi dan menyendiri selama 6 bulan. Apa yang dilakukannya ?
1. Rajawali harus bergumul dengan cara memukul-mukulkan paruhnya ke batu sampai lepas. Ia pasti kesakitan, tetapi setelah itu paruh yang baru akan tumbuh.
2. Setelah itu, rajawali akan mencabut kukunya dengan paruh yang baru itu. Kuku-kuku yang lama dicabut dan kuku-kuku yang baru akan tumbuh,
3. Selanjutnya bulu-bulunya dicabut dengan paruhnya dan keluarlah bulu-bulu yang baru seperti pada masa mudanya. Hingga akhirnya keluarlah seekor burung rajawali muda. Luar biasa…(prosesnya pasti sangat menyakitkan).

Dan Daud mengalami hal itu. Tuhan mau kita juga mengalami hal itu mengapa ? Karena kita adalah generasi Yosua/ Joshua Generation, yaitu generasi perang.

Sekali lagi, seorang prajurit itu harus mempunyai roh, jiwa, dan tubuh yang sehat. Belakangan dikatakan bahwa Joshua Generation adalah mereka yang berusia 40 tahun ke bawah (termasuk saya!), tetapi juga mereka yang berusia 60,70, atau bahkan 80 tahun yang mempunyai roh, jiwa, tubuh yang sehat.

Joshua Generation inilah yang paling memungkinkan untuk melihat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Jadi pastikan roh, jiwa, dan tubuh kita dalam keadaan sehat dan sempurna pada waktu Tuhan Yesus datang untuk kali yang kedua. Amin!

khotbah Pdt.DR.Ir. Niko Njotorahardjo
Minggu, 6 September 2009 di Senayan

Kalau yang mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru selamat pribadi, dapat berdoa seperti ini:

Tuhan, saya tahu saya orang yang berdosa, ampuni saya Tuhan. Mulai saat ini saya percaya dan mengundang Tuhan sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadi saya. Masuklah dalam hati saya Tuhan Yesus dan bertakhtalah dalam hidup saya. Mulai sekarang saya akan melakukan semua kehendak Tuhan. Saya adalah milik Tuhan Yesus. Terima kasih. dalam Nama Tuhan Yesus, saya berdoa. Haleluya. Amin

Seperti ada tertulis di Ibrani 4:7 : “Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu “hari ini”, ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!”

 

Iklan

3 thoughts on “Prioritaskan Kerajaan Allah dan Kebenarannya

  1. prafangga berkata:

    Keren mas, Keep posting. Semangat selamatkan jiwa
    Tuhan Memberkati

  2. Tomy Linelejan berkata:

    Puji Tuhan. Terus berbagi kabar baik. Orang spertimu sungguh hebat teman. Tuhan Yesus pasti akan terus melimpahimu dengan hikmat dan berbagai berkat yg mengagumkan.

    • penuai berkata:

      Terimakaih saudara Tomy, saya hanya melakukan tugas saja untuk menyampaikan pesan kepada teman-teman yang lain…siapa tau masih banyak yang belum mendengar kabar baik ini…Yang bekerja tetaplah TUHAN. Tuhan Yesus juga memberkati saudara.

Komentar ditutup.